Cara Mentranslate File PDF Bahasa Inggris

Cara mentranslate file PDF Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia ini sering sekali saya gunakan selama kuliah. Tujuan saya mentranslate PDF Bahasa Inggris adalah untuk memberi gambaran/pemahaman awal mengenai topik sebuah bacaan, baik berupa prosiding, artikel, jurnal internasional, ataupun Ebook bahasa inggris. Untuk mentranslate file PDF (Portable Document Format) ataupun dokumen Ms.word berbahasa inggris, saya menggunakan fitur dari salah satu produk Google, yaitu Google Drive.

Mungkin masih banyak di antara kita yang belum mengetahui bagaimana caranya mentranslate dokumen PDF B. Inggris menggunakan bantuan Google Drive. Hal ini mungkin dikarenakan kita sudah lebih dulu akrab menggunakan Google Translate dibandingkan Google Drive. Yang kita perlukan untuk dapat mentranslate file menggunakan Google Drive adalah akun Google. Anda cukup mempunyai satu akun Google untuk mendapat akses ke berbagai produk Google seperti Gmail, Google+, YouTube, Blogger, dan juga Google Drive.

Jadi, jika saat ini Anda sudah mempunyai akun email dari Google (Gmail), berarti dapat dipastikan Anda sudah mempunyai Akun Google, dan sudah bisa mengakses Google Drive. Bagi Anda yang belum mempunyai akun Google, bisa terlebih dahulu melakukan registrasi akun Google di sini.

Untuk langkah-langkah mudah mentranslate file PDF bahasa inggris dengan menggunakan Google Drive adalah sebagai berikut :

1. Silakan login ke akun Google Anda, atau bisa juga langsung login ke Google Drive. Setelah login, maka akan terlihat tampilan muka Google Drive seperti ini.

Cara Mentranslate File PDF Bahasa Inggris-Guru Pantura


2. Unggah file PDF Bahasa Inggris yang akan ditranslate dengan mengklik menu BARU, lalu pilih UNGGAH FILE.

Cara Mudah Mentranslate File PDF Bahasa Inggris dengan Google Drive-Guru Pantura


3. Muncul menu pop up yang meminta kita untuk memilih file dari komputer/laptop. Pilih file PDF bahasa inggris yang akan diunggah, lalu klik OPEN.

Cara Mentranslate File PDF Bahasa Inggris-Indonesia-Guru Pantura


4. Jika proses unggahan file PDF selesai, maka akan muncul kotak pemberitahuan di pojok kanan bawah yang menyatakan bahwa proses unggahan file PDF ke Google Drive telah berhasil.

Cara Mentranslate File Jurnal PDF Bahasa Inggris-Guru Pantura


5. Klik kanan pada file PDF B. Inggris yang akan ditranslate, selanjutnya pilih BUKA DENGAN, kemudian pilih GOOGLE DOKUMEN.

Cara Menerjemahkan File PDF Berbahasa Inggris-Guru Pantura


6. Akan terbuka tab baru Google Docs yang menampilkan file PDF Bahasa Inggris Anda.

Tutorial Mentranslate File PDF Bahasa Inggris dengan Google-Guru Pantura


7. Pada tampilan Google Docs, silakan pilih menu ALAT, lalu klik TERJEMAHKAN DOKUMEN.

Cara Translate File PDF Inggris-Indonesia Online-Guru Pantura


8. Muncul menu pop up yang berisi pilihan untuk mentranslate PDF Bahasa Inggris ke dalam berbagai bahasa. Silakan pilih BAHASA INDONESIA, lalu klik TERJEMAHKAN.

Cara Convert File PDF Bahasa Inggris-Guru Pantura


9. Terbuka tab baru yang memuat hasil terjemahan dari file PDF Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia. Hasil terjemahan tersebut secara otomatis akan tersimpan pada direktori akun Google Drive Anda, jadi jangan khawatir file hasil translate tersebut akan hilang. Anda bisa memilih untuk langsung mengcopy hasil terjemahan ataupun mengcopy nya di lain waktu.

Cara Translate Jurnal Internasional PDF Bahasa Inggris-Guru Pantura

Dengan mentranslate PDF Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia menggunakan Google Drive, akan membantu anda dalam memahami inti sebuah tulisan, khususnya untuk menambah cakupan referensi bagi Anda yang saat ini sedang menulis Skripsi, Thesis, Disertasi, ataupun Jurnal.
Kekurangan:
Penerjemah PDF Bahasa Inggris menggunakan cara ini memiliki satu keterbatasan, yaitu hanya bisa mentranslate maksimal 12-15 halaman PDF saja. Tetapi Anda bisa mengakalinya dengan memecah/membagi file PDF yang lebih dari 15 halaman menjadi dua file, dan menerjemahkannya dua kali menggunakan Google Drive.

Semoga pembahasan mengenai Cara Mentranslate File PDF Bahasa Inggris di atas bermanfaat bagi kawan semua.
Salam Guru Pantura.



10 Komentar pada "Cara Mentranslate File PDF Bahasa Inggris"

  1. Terima kasih pak, sangat membantu menerjemahkan pdf tugas jurnal internasional dari dosen saya.

    BalasHapus
  2. Gampang banget ya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cara menerjemahkan artikel pdf bahasa inggris ini memang mudah, namun masih banyak khalayak yang belum mengetahuinya.

      Hapus
  3. coba ah mas, baru tahu saya kalo PDF bisa di translate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga cara menerjemahkan pdf bahasa inggris di atas bermanfaat.

      Hapus
  4. Wah boleh dicoba nih .... thanks infonya

    BalasHapus
  5. terima kasih. ini sangat membantu

    BalasHapus
  6. hasil terjemahan nya gc keluar pak gmn y, mohon bantuannya

    BalasHapus
  7. pas saya mau buka dokumen dan di pindahakan ke googlles docs, tidak tersedia aplikasi di tulisannya. gimana ya ?

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.