Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Aktivasi eFilling

Ini adalah pengalaman saya yang beberapa waktu lalu datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh, sekaligus berniat mengajukan permohonan untuk memperoleh EFIN. Setelah menyelesaikan pelaporan SPT Tahunan PPh menggunakan formulir 1770 SS, saya bertanya kepada Costumer Service (CS) KPP mengenai bagaimana prosedur/cara memperoleh EFIN.

Pembayaran SPT Tahunan PPh E-Filling-Guru Pantura

Mungkin di antara kawan-kawan masih ada yang belum mengetahui apa itu EFIN. Berikut adalah definisi EFIN yang saya kutip dari web Direktorat Jenderal Pajak.

“Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh secara e-Filing.”

Jadi, EFIN ini berupa deretan angka unik yang diberikan oleh KPP kepada wajib pajak yang mempunyai NPWP dan berkeinginan untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui e-filling. EFIN ini dapat diperoleh wajib pajak dengan mengajukan permohonan EFIN ke KPP di seluruh Indonesia.

Lalu apa itu e-Filling?

“e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://efiling.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi/Application Service Provider (ASP).”

Selanjutnya, CS KPP memberikan sebuah formulir permohonan penerbitan EFIN dan meminta saya mengisinya secara lengkap. Data yang harus diisi mencakup: Nama Wajib Pajak, Nomor NPWP, Alamat, Nomor Identitas (NIK/Passport), Alamat Email, dan juga nomor telepon.

Formulir Permohonan mendapatkan EFIN Pajak-Guru Pantura

Untuk melengkapi ajuan permohonan EFIN, kita diminta juga untuk melampirkan fotokopi KTP dan NPWP. Karena pada waktu itu saya tidak membawa fotokopi KTP/NPWP, saya meminta izin untuk memfotokopinya terlebih dulu. Selesai fotokopi, saya langsung menyerahkan fotokopi KTP dan NPWP ke CS. Tak sampai 3 menit, CS memberikan selembar kertas yang berisi EFIN kepada saya, dan berpesan agar EFIN ini segera diaktivasi dan digunakan login ke website DJP Pajak.

Cara memperoleh EFIN Pajak-Guru Pantura

Sesampainya di rumah, saya langsung membuka laptop untuk browsing artikel panduan cara mengaktifkan EFIN pajak. Menurut kebanyakan artikel yang saya baca, isinya menyarankan untuk mengaktifkan/memverifikasi EFIN yang kita miliki dengan melakukan registrasi di https://djponline.pajak.go.id/registrasi. Pada halaman registrasi, kita diminta untuk memasukkan NPWP, EFIN, dan juga kode keamanan (chaptcha). Setelah semua kolom terisi dan saya klik verifikasi, muncul pesan kesalahan yang menyatakan bahwa “NPWP Sudah Terdaftar”.

Masalah Registrasi EFIN Pajak Online-Guru Pantura

Aneh sekali, karena saya belum pernah melakukan registrasi sebelumnya. Lalu mengapa muncul pesan kesalahan “NPWP Sudah Terdaftar”? atau mungkinkah ada orang lain yang sudah mendaftarkan NPWP saya.
Mencoba untuk tetap berpikir positif, saya berinisiatif mengakses menu kirim ulang link aktivasi pada https://djponline.pajak.go.id/resendlink. Sama seperti sebelumnya, di halaman resend link, kita juga diminta untuk memasukkan NPWP, EFIN, dan juga kode keamanan (chaptcha). Setelah semua kolom terisi, saya klik submit, ternyata muncul pesan kesalahan lain yang menyatakan bahwa “User Sudah Aktif. Anda Sudah Dapat Login.”

Masalah Link Aktivasi EFIN Pajak Online-Guru Pantura

Lha?? Bagaimana mungkin saya bisa login, sedangkan untuk login sendiri dibutuhkan sebuah password, dan saya tidak mengetahui passwordnya. Saya coba membuka dan membaca lagi dengan teliti selembar kertas berisi EFIN yang diberikan oleh CS KPP, siapa tahu terdapat password untuk login nyempil di situ. Hasilnya Nihil, hanya terdapat EFIN di kertas tersebut.


Saya mencoba langkah terakhir yang menurut saya imposible dengan mengakses menu reset password di https://djponline.pajak.go.id/resetpass. Mengapa saya anggap imposible? Karena jika mengacu pada artikel-artikel yang saya baca, untuk mereset password dibutuhkan email aktif yang sudah terdaftar di sistem. Jangankan email terdaftar, dari tadi ingin daftar saja tidak bisa. Tapi, namanya juga kepepet, saya isi saja semua kolomnya, dan untuk kolom email, saya isi dengan email aktif yang saya tulis pada formulir permohonan EFIN. Saya klik submit dan Voila... ajaibnya ada pesan masuk di inbox email yang berisi tautan untuk mereset password. Saat itu juga saya klik tautannya dan membuat password untuk akun e-filling.

Link Ganti Password Efilling melalui EFIN-Guru Pantura

Sungguh aneh dan membingungkan. Sejak awal saya belum dapat melakukan proses registrasi, tetapi kenapa email dan EFIN saya sudah terdaftar di sistem DJP Online??
Dugaan saya, bisa jadi email saya yang terdapat pada formulir permohonan sudah diinput oleh CS KPP, sehingga email saya sudah terdaftar di sistem. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan saya tidak dapat melakukan registrasi, dikarenakan NPWP dan EFIN saya sudah diaktifkan oleh CS KPP.
Kasus yang saya alami ini berbeda sekali dengan kebanyakan artikel lain di internet yang menyatakan bahwa kita harus melakukan aktivasi EFIN sendiri. Pengalaman saya ini menunjukkan bahwa EFIN sudah diaktivasi langsung oleh KPP pada saat kita mengajukan permohonan mendapatkan EFIN. Maka dari itu, tulislah email aktif anda dengan benar pada saat pengisian formulir pengajuan, karena email itulah yang akan diinput ke sistem DJP Online oleh CS KPP.

Menu E-Filling setelah EFIN Aktif-Guru Pantura

Kabar baiknya, karena saat ini akun E-Filling saya sudah aktif maka mulai tahun depan saya bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh secara online, jadi tidak perlu repot-repot lagi datang ke KPP. Semoga ulasan pengalaman pribadi mengenai Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Aktivasi Efilling dapat bermanfaat bagi kawan-kawan yang mengalami kendala serupa dengan saya.
Salam Guru Pantura.



91 Komentar pada "Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Aktivasi eFilling"

  1. Wah saya lapor pajak yang SPT tahunan nih.
    Semoga tahun ini bisa lapor SPT via online.
    Efin sudah ada kemarin,tahun lalu. Tinggal belajar lapor nihil-nihil aja. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, silakan dimanfaatkan fasilitas lapor SPT PPh Tahunan secara Online ini.
      Semoga dengan adanya kemudahan ini menjadikan kita semakin sadar akan kewajiban wajib pajak.

      Hapus
  2. Artikel yang bermanfaat,
    Kasus yang sama yang saya alami hari ini, pemikiran yang sama juga, tetapi belum saya lakukan yang reset password,
    setelah baca ini, saya baru lakukan reset password, dan ternyata memang beneran bisa, (perlu perbaikian lagi ni buat Dirjen Pajak),
    thanks Infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas,
      Sampai saat ini memang banyak sekali kesimpangsiuran informasi mengenai cara pengaktifan efin sebagai salah satu syarat penggunaan efilling pajak.
      Dan artikel ini adalah salah satunya, yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi.

      Hapus
  3. koq efin saya dan teman teman tidak bisa diaktivasi keterangan nya andabelum terdaftar terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau efin belum terdaftar, silakan lakukan registrasi dan pengaktifan efin di https://djponline.pajak.go.id/registrasi

      Hapus
  4. semakin mudah
    untuk lapor spt online sekarang
    terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, Direktorat Jenderal Pajak sepertinya telah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dengan diluncurkannya program penyampaian SPT Online melalui aplikasi E-filling.

      Hapus
    2. saya ingin mengurus efin , tapi saya buat npwp pajak di KKP pratama bukittinggi, sedangkan saya kerja di bekasi, katanya bisa mengurus efin di KKP seluruh indonesia , apa aja syaratnya yng harus dbawa mas?

      Hapus
  5. Pak, untuk mendapatkan EFIN kita harus dtng ya ke KPP ? bisa diwakilkan tidak ya, misalnya sudah saya lengkapi persyaratan dan formnya sudah saya isi& ttd tapi org lain (yang saya percaya)yang menyampaikan ke KPP dan mengambil EFIN nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan Efin bisa diwakilkan kok Mbak.
      Dan TIDAK HARUS DATANG ke KPP sesuai KTP, karena untuk mendapatkan Efin bisa dilakukan di semua KPP kota manapun seluruh Indonesia.

      Hapus
  6. Untung googling terus dapat tulisannya mas ini. Sempat panik aja tadi. Jangan2 kyk kasusnya e-ktp, no.ktp byk yg sama. Gonoo toh. Di reset password aja kalau keterangannya npwp sdh terdaftar. EFIN ku di email 4hari yg lalu sm dpjpajak. Makasih tulisannya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silakan coba lakukan reset password, lalu atur password baru untuk bisa login ke akun efilling.
      Dan seperti yang mbak bilang, sepertinya saat ini untuk mendapatkan efin kita tidak perlu datang ke KPP, karena jika data email kita pernah tercatat di DJPOnline, maka secara otomatis kita akan mendapatkan kiriman efin dari ke email yang kita miliki.
      Semoga permasalahan terkait nomor efinnya dapat segera teratasi Mbak.

      Hapus
  7. makasih ya pak, infonya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, semoga registrasi akun efillingnya bisa segera selesai tanpa kendala.

      Hapus
  8. knp aktivasi saya tidak berhasil terus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika aktivasi tidak berhasil mungkin dikarenakan server DJPonline sedang maintenance atau terlalu banyak user yang mengakses.
      Saran saya, silakan coba untuk mengulangi aktivasi efin di luar jam kerja/ malam hari.

      Hapus
  9. Saya gagal aktivasi terus. Jika CS salah input nama email. Apakah berpengaruh pada proses aktivasinya pak ? Meskipun email tersebut sudah saya benerin pada saat pendaftaran pada situs DJP Onlinenya dan link ativasinya juga sudah masuk ke email saya yang benar. Mohon infonya ya pak. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau link aktivasi efin pajak sudah masuk ke email Bapak, berarti email bapak yang terdaftar di DJPonline sudah benar, dan tidak ada masalah dengan email.
      Masalah gagal aktivasi efin memang merupakan permasalahan umum sangat sering terjadi Pak.
      Sebaiknya coba lakukan re-aktivasi di luar jam sibuk.

      Hapus
  10. maaf saya mau tanya kenapa saat saya mau masuk verivikasi muncul kata "PESAN KESALAHAN : REG011
    Kode Keamanan Tidak Sesuai"
    Mohon di infokan dan di arahkan. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pesan kesalahan saat memasukkan kode keamanan (chaptcha), saran yang bisa saya berikan adalah coba reload halaman verifikasi efin.
      Selain itu jika mengaksesnya menggunakan browser di desktop (mozilla/chrome)silakan bersihkan dulu cache dan cookie nya, lalu coba untuk verifikasi efin lagi.

      Hapus
  11. saya mau tanya mas, saya udah dapat kode efin terus gimana daftarnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah mendapatkan kode efin, silakan lalukan registrasi akun efilling di https://djponline.pajak.go.id/registrasi

      Hapus
  12. Cara mengg spt1770s.aku msh bingung.ada yang bantu.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bingung bagaimana ya Bu? Apakah ibu menggunakan formulir SPT 1770S atau 1770SS ?

      Hapus
    2. Mohon ijin bantu Bp.Abdul Wahab...Ibu Sri 1770SS utk penghasilan bruto dibawah 60juta..1770S untuk dua ato lebih pemberi kerja..1770 untuk pekerjaan bebas ato lebih dari 60juta

      Hapus
  13. Mas, saya coba registrasi efin, keterangannya "efin tidak sesuai" . itu gimana ya? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk notifikasi "efin tidak sesuai", biasanya terdapat huruf atau angka yang terlewat.
      Coba diteliti lagi saat input efin Mbak.

      Hapus
  14. gmna caranya ya mengganti email kita yg sudah terdaftar, masalah pada kmrn saya salah kasih email pda saat aktifkan efin.jadinya konfirmasinya dikirim ke email yang saya kasih itu, pdhl email tersebut salah. tolong dong dibantu pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk email yang salah, silakan datang ke KPP terdekat dan meminta ulang efin menggunakan email yang benar kepada costumer service KPP.

      Hapus
  15. Wah terimakasih akhrinya sy mendapatkan efin tp saar mengisi e-filling selalu lebih bayar sehingga tdk pernah berhasil dikirim, ada saran kah utk kasus seperti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud pertanyaannya bagaimana ya Bu? Apakah jumlah kode pada efin lebih, sehingga registrasi selalu tidak berhasil dikirim?

      Hapus
  16. AKU JUGA BINGUNG KOK................

    BalasHapus
  17. KALO BINGUNG DAN MEMBINGUNGKAN MASALAH E FIN DAN E FILING, ARTINYA TIDAK USAH BAYAR PAJAK, MAU NGASIH DUIT KE PEMERINTAH KO DIPERSULIT, HELLOOOOO!!!!!!

    BalasHapus
  18. INFO DONK,, APAKAH DGN TERDAFTAR ATAU MEMILIKI NPWP SESEORANG TSB LEBIH BANYAK TERPOTONG GAJINYA,, ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wajib pajak (karyawan) yang tidak memiliki NPWP dikenakan tarif lebih tinggi 20% daripada tarif yang diterapkan terhadap Wajib Pajak yang memiliki NPWP, hal itu tertuang dalam UU No.36/2008 tentang Pajak Penghasilan (PPh)dan Surat Edaran Ditjen Pajak No. SE-59PJ/2008 tentang pemberian NPWP bagi karyawan.

      Hapus
  19. Sudah dapet E Fin pas mw daftar ndak bisa masuk2 cuma kode keamanan yang ganti ganti mulu2, itu kenapa mas y?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itulah salah satu kelemahan sistem efilling secara online, karena sering sekali laman registrasi efin ini mengalami gangguan.
      Silakan coba untuk registrasi di luar jam sibuk, dan jangan lupa untuk membersihkan cache dan cookie pada browser yang anda gunakan.

      Hapus
  20. bagaimana saya bisa LOGIN, E-FIN nya saja saya lupa. coba ada bantuan untuk mencari lupa E-FIN. Jadi gak ribet pergi ke kantor pajak hanya untuk minta E-FIN lagi. butuh uang keluar lagi ke kantor pajak. jadi kesimpulannya. Pajak online RIBEEEEEEEETTTTTTTT

    BalasHapus
  21. Yth. Mas Wahab Tolong bantu saya,.... Saya belum punya EFIN, Saya berharap tidak datang ke KPP tapi saya mendapatkan EFIN, data yang saya punya yaitu :
    NPWP :59 378 1479 403
    NAMA : SUKIRNO
    TEMPAT LAHIR : GUNUNGKIDUL
    TANGGAL LAHIR 1-7-1966
    NIK :3201370107660015
    WARGA NEGARA INDONESIA
    NOMOR HP 08128266269
    ALAMAT EMAIL : sukirnomap@gmail.com
    Tolong mas aku di bantu EFIN nya. Trims atas bantuanya. Hormat (Sukirno)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf Mas, setahu saya untuk mendapatkan efin kita harus pergi ke kantor pelayanan pajak.
      Pada beberapa kasus, teman saya ada yang otomatis mendapat kiriman efin ke emailnya, padahal dia mengaku tidak pernah mengajukan permohonan efin, hal ini mungkin dikarenakan emailnya sudah terdaftar di database NPWPnya, lalu sistem DJP online secara otomatis meregenerate efin dan mengirimkan ke email yang sudah ada di database mereka.

      Hapus
  22. pak maaf saya mau tanya cara pelaporan spt tahunan orang pribadi menggunakan formulir 1770s, setelah aktif efin nya, langkah apa selanjutny? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk panduan cara pelaporan SPT PPh Tahunan orang Pribadi dengan Penghasilan lebih dari 60juta (1770S) dapat disimak pada laman http://www.pajak.go.id/content/article/tutorial-e-filing-2016-pengisian-spt-tahunan-pph-orang-pribadi-formulir-1770-s

      Hapus
  23. Kebetulan mau lapor spt tahunan, dari pada antri media online bisa hemat waktu, terima kasih artikelnya

    BalasHapus
  24. Pak, saya mendapatkan EFIN tapi statusnya belum aktif. bagaimana cara mengaktifkan EFIN tersebut melalui laptop saya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengaktifkan efin yang sudah didapat, silakan kunjungi link registrasi DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/registrasi

      Hapus
  25. mohon pencerahan pak,saya kapan hari mengisi SPT manual,dan kolektif oleh perusahaan,nah beberapa hari kemudian temen saya rata rata SPT manual di kembalikan dan di minta isi SPT via online,nah sedangkan SPT manual saya belum di kembalikan,lalu saya ini siatif isi SPT online,setelah tahap akhir isi verifikasi dan saya kirim,muncul balasan SPT SUDAH ADA,,,nah kira kira kenapa ya? apakah SPT manua saya sudah di simpan di file direktorat pajak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah melapor SPT secara manual, biasanya kita akan mendapat selembar kertas BPS (Bukti Penerimaan Surat). Jika kita sudah mendapat BPS maka tidak perlu lagi melakukan pelaporan SPT versi online melalui efilling.

      Hapus
  26. Tahun lalu saya berhasil melaporkan menggunakan EFIN untuk lapor pajak 2015 harus daftar lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelaporan SPT harus dilakukan setiap tahun Bu, jadi kalau tahun lalu sudah pernah menggunakan/mendapat Efin, maka untuk pelaporan SPT sekarang tinggal login menggunakan email dan password yang Ibu gunakan tahun lalu.

      Hapus
  27. Pak mohon bantuannya...pada saat sy mau mendapatkan kode efin ,namun setelah mendptkan kode efin tersebut ternyata ada kesalahan emailnya...jd sy blm registrasi di karenakan email salah tulis...kalo mau ganti emailnya yg bener agar mendapatakn verifikasi gmna ya..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kesalahan penulisan email, maka saran yang bisa saya berikan adalah mendatangi KPP terdekat untuk meminta Efin baru dengan menggunakan email yang masih aktif.

      Hapus
  28. Terima Kasih Sebanyak-banyaknya Pak, atas informasinya. Sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  29. punya saya malah dapat efin tapi tidak bisa dipakai...EFIN TIDAK SESUAI...lah,terus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan masukkan kembali efin dengan teliti dan cermat.
      Hal ini bisa juga disebabkan karena server DJP online yang sedang terlalu banyak pengunjung, silakan coba ulang di luar jam-jam sibuk.

      Hapus
  30. saya sudah melakukan pendaftaran efin, tp sudah 2 hari belum ada email balasan (verifikasi).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan link verifikasi bisa dicoba dengan mengakses menu resendlink berikut:
      https://djponline.pajak.go.id/resendlink

      Hapus
  31. saya sudah dapet kode efin. pas saya mau aktivasi kok dibilang npwp tidak terdaftar? itu gimana yah? padahal tiap tahun saya bayar pajak dan pelaporan aman2 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan coba lagi memasukkan NPWP anda pada form isiannya, yang perlu diketahui bahwa tanda titik (.) dan strip (-) pada NPWP jangan ikut dimasukkan.

      Hapus
  32. saya salah memberikan email pada saat aktivasi efin. ada kesalasahan penulisan. apakah email itu bisa di ganti?? berhubung emailnya ternyata tidak aktif.
    mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kesalahan penulisan email, maka saran yang bisa saya berikan adalah mendatangi KPP terdekat untuk meminta Efin baru dengan menggunakan email yang masih aktif.

      Hapus
  33. efin bisa di wakilkan berarti hrs pakai surat kuasa jg ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai aturan untuk mendapatkan efin memang harus menggunakan surat kuasa, atau silakan datang sendiri ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan tempat tinggal anda.

      Hapus
  34. buaaapak tk pajak..penduduk indonesia inikan masih banyak yg belum tahu teknologi, sedangkan yg sedikit tahu sj masih pada bingung lapor pajak, pertanyaannya sudah ada bukti potong pajak kenapa wajib pajak msti disuruh lapor pajak lagi seh kami ini mbuaaayar lo pak kok kesannya dibuat susah, kenapa gak dibuat sesimpel mungkin (ya biar sak gak tahu2nya wajib pajak, bayar pajaknya gak malas2an gitu lo pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk diketahui, Surat Pemberitahuan (SPT) mempunyai fungsi sebagai suatu sarana bagi Wajib Pajak di dalam melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang.
      Selain itu, Surat Pemberitahuan berfungsi untuk melaporkan pembayaran atau pelunasan pajak baik yang dilakukan Wajib Pajak sendiri maupun melalui mekanisme pemotongan dan pemungutan yang dilakukan oleh pihak pemotong/pemungut, melaporkan harta dan kewajiban, dan pembayaran dari pemotong atau pemungut tentang pemotongan dan pemungutan pajak yang telah dilakukan.
      Sehingga Surat Pemberitahuan mempunyai makna yang cukup penting, baik bagi Wajib Pajak maupun aparatur pajak.

      Hapus
  35. maaf mas, kenapa pada saat mendaftar effin status jaringan selalu down, jadi susah log'in

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan lakukan pendaftaran efilling di luar jam sibuk.

      Hapus
  36. klo yg muncul pesan kesalahan reg008 sm gak perlakuannya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat mengakses menu apakah sehingga muncul pesan kesalahan Reg008?

      Hapus
  37. terima kasih, artikelnya membantu sekali. saya juga menghadapi persoalan yang sama

    BalasHapus
  38. saya juga mengalami kebingungan yang sama, anehnya saat saya reset password, terjadi kesalahan katanya NPWP saya tidak terdaftar :( mana saya belum lapor lagi....duhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat mereset password dan muncul pesan kesalahan NPWP tidak terdaftar berarti akun efilling anda belum ada, silakan membuat akun efilling menggunakan nomor Efin anda.
      Dan untuk pelaporan SPT Tahunan menggunakan Efilling diperpanjang batasnya sampai 30 April.

      Hapus
  39. Seorang teman di kantor telah menerima nomor E-FIN, namun saat registrasi tidakdapat dilakukan karena muncul pesan "NPWP anda tidak dikenal" apa yang harus dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan coba masukkan kembali NPWP nya dengan teliti, untuk tanda strip (-)dan titik (.) pada NPWP tidak perlu ikut ditulis.

      Hapus
  40. Mau tanya ..swami krj sbgi TNI... Sdh mndftr d djp online .. Cara mngaktifkanya stlh trdftr bgmna? Trimksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Ibu sudah bisa masuk (login) ke Efilling menggunakan NPWP dan password yang telah dibuat sebelumnya pada pendaftaran, berarti akun Ibu sudah aktif.

      Hapus
  41. Cara mengaktifkan efeling stlh pnya efin gmn ya ...mksh utk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah mendapat nomor Efin, silakan lakukan registrasi Efilling di https://djponline.pajak.go.id/registrasi

      Hapus
  42. mohon petunjuk dong, kepsek saya uda registrasi kemudian linknya dikirim lewat email yang pernah saya masukkan di dapodik, masalhnya emailnya uda nggak aktiv lagi karena uda lama banget nih, gimana yah solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk solusi email yang didaftarkan sudah tidak aktif, sebaiknya lakukan request ulang Efin menggunakan email yang masih aktif/bisa diakses ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat.

      Hapus
  43. Pak maaf, klo mau mndpatkan efin itu hrus k kpp atau ada cara lain yg lebih mudah? Mhon info nya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau email aktif anda sudah pernah terdaftar sebelumnya di database npwp, sepertinya efin akan dikirimkan otomatis ke akun email.
      Tapi kalau email anda belum pernah terintegrasi dengan npwp, maka pengajuan efin bisa dilakukan di kpp terdekat dari tempat tinggal anda.

      Hapus
  44. saya nyoba registrasi, anda sudah terdaftar.tapi pas saya resendlink jawabannya malah anda belum terdaftar,jadi bingung pak

    BalasHapus
  45. 2 hari nunggu aktivasi link tak kunjung tiba, lebih dari 20x coba registrasi , 10x minta link aktivasi. Hadeeh

    BalasHapus
  46. Pak. saya uda reset password.
    kolomnya sudah saya isi lengkap,
    yg muncul:

    Pesan Kesalahan: REG015
    Anda Belum Terdaftar

    Mohon pencerahannya pak.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mengalami error dengan pesan kesalahan REG015,
      Untuk masalah ini sebaiknya langsung hubungi CS DJP Online via email.

      Hapus
  47. Balasan
    1. Silakan datang ke KPP Pajak terdekat dengan domisili anda, dan isi formulir pengajuan Efin.
      Proses penerbitan Nomor Efin sekitar 10-30 menit.

      Hapus
  48. mohon informasi, kami instasi pemerintah yg memiliki no NPWP hanya 1.dan efin 1 juga. sedangkan Bendaharawan kami 2 ( bendahara gaji dan Bendahara Rutin ). mohon penjelasan utuk penggunaan beda pasword.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penggunaan bersama dengan beda password sepertinya belum memungkinkan untuk di lakukan saat ini.
      Gunakan saja satu username & satu password e-filling untuk kedua bendahara.

      Hapus
  49. berhasil...sama kasusnya.
    terima kasih Pak Abdul Wahab

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.