Mengubah Status Mahasiswa di Forlap Dikti

Berawal dari iseng untuk mengecek status data saya pada forlap.dikti.go.id atau yang dulu dikenal dengan EPSBED, saya mendapati kesalahan data atau belum terupdatenya profil mahasiswa pada laman resmi Dikti tersebut, khususnya pada status mahasiswa. Pada laman tersebut tertera status saya sebagai mahasiswa AKTIF, padahal saya sudah lulus dari Perguruan Tinggi pada tahun 2012, dan seharusnya tertera status mahasiswa sudah LULUS.
Jujur saja, hal ini langsung membuat saya panik karena instansi tempat saya bekerja sedang gencar-gencarnya melakukan verifikasi dan validasi (VerVal) keaslian ijazah untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB, Nomor 3 Tahun 2015, yang salah satu acuannya menggunakan data dari laman Forlap Dikti.

Status Mahasiswa Aktif Forlap Dikti
Klik gambar untuk memperbesar tampilan

Selain alasan di atas, terdapat konsekuensi lain dari belum diperbaruinya data kita pada Forlap Dikti yaitu terganjalnya keinginan untuk mendapatkan beasiswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, khususnya bagi kawan-kawan yang berkeinginan mendaftar/ mendapatkan beasiswa dari Dikti. Hal tersebut terjadi karena ternyata data pada laman Forlap Dikti ini digunakan sebagai acuan database resmi oleh Dikti, termasuk dalam menyeleksi calon peserta beasiswa.

Mengacu pada data tersebut, Dikti menganggap saya sebagai mahasiswa AKTIF dan belum LULUS dari program sarjana (Strata 1) di Perguruan Tinggi tempat saya terdaftar.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kesalahan atau belum terupdatenya data status mahasiswa di Forlap Dikti dengan data kita yang sebenarnya, antara lain karena pihak Perguruan Tinggi anda terdaftar (Operator Perguruan Tinggi) belum melaporkan data terbaru kita ke Dikti Pusat. Sistem pendataan Dikti yang sedang error saat kita melakukan pengiriman data pun dapat menjadi penyebab belum sinkronnya data mahasiswa.

Untuk memperbaiki data, khususnya kesalahan status mahasiswa di Forlap Dikti, saya berinisiatif menghubungi pihak Operator PT yang membidangi administrasi dan nilai akademik. Dari saran yang diberikan oleh Operator PT, untuk mengubah dan memperbaiki status mahasiswa di Forlap Dikti diperlukan beberapa data dan berkas pendukung, antara lain :

  • Scan Asli Ijazah
  • Scan Asli Transkrip Akademik
  • Scan Asli KTP
  • Nama Ibu Kandung

Setelah semua berkas di atas kita serahkan/ kirimkan ke Operator PT, maka perubahan data kita yang baru akan diajukan oleh Operator PT kepada Operator Dikti untuk divalidasi. Selanjutnya, ajuan akan masuk antrian validasi Dikti bersama dengan puluhan atau bahkan ratusan data orang lain yang mengantri dengan tujuan yang sama. Bersabarlah dan jangan lupa berdoa agar ajuan update status mahasiswa kita dapat segera disetujui. Untuk memantau progress perbaikan status mahasiswa, mintalah capture/ screenshot ajuan perbaikan ke Operator PT.


Memperbaiki Status Mahasiswa di Forlap Dikti



Setelah menunggu sekitar satu minggu, akhirnya data status mahasiswa saya pada laman Forlap Dikti sudah berubah menjadi LULUS, dilengkapi dengan tanggal dan tahun kelulusan. Alhamdulillah.


Status Mahasiswa Lulus Forlap Dikti

Tambahan : Untuk memperbaiki profil mahasiswa atau profil dosen, seperti kesalahan penulisan nama, NIM, program studi, atau kesalahan penulisan jenis kelamin pada laman Forlap Dikti, dapat mengikuti prosedur yang sama seperti langkah-langkah di atas.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Operator Perguruan Tinggi saya, atas semua keramahan dan kesabarannya membantu memperbaiki kesalahan data saya sebagai alumnus.
Semoga artikel Cara Mengubah dan Memperbaiki Status Mahasiswa (Kelulusan) di Forlap Dikti dapat bermanfaat.
Salam Guru Pantura.



52 Komentar pada "Mengubah Status Mahasiswa di Forlap Dikti"

  1. Selamat malam Mas Wahab. wah lagi sibuk rupany ya Mas..? semoga kedepanyatidak ada lagi kesalahan data sebagai alumnus ya Mas. salam sukses. dan Tetap semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh bener gak sih saya komen diatas yah..? maaf deh ya Pak Guru kalau salah :D

      Hapus
  2. Sambil nemani Pak Guru/Mas Wahab. ngecek ngecek data nya saya amankan dulu pertamax nya sambil ngopi boleh gak Mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tepat sekali Pak, harapannya semoga seluruh universitas/perguruan tinggi, baik itu universitas negeri maupun universitas swasta dapat lebih memperhatikan kevalidan data dosen/mahasiswa/alumninya pada saat pelaporan data ke laman Forlap Dikti.

      Hapus
  3. wah saya sudah lulus tapi belum ada Izasah nya :( sedih sedih sedihhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kok bisa belum ada ijazahnya Mas?
      Sembari menunggu keluarnya ijazah, Ayo coba cek dulu datanya pada Forlap Dikti.

      Hapus
  4. jadi semakin mudah nih jika ada kesalahan pada status mahasiswanya yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memudahkan kita yang pernah menjadi mahasiswa untuk mengecek kebenaran data kita masing-masing Pak.
      Tetapi sebetulnya kesalahan profil/data mahasiswa seperti ini dapat dihindari jika pihak-pihak berwenang di Universitas/Perguruan Tinggi (Operator Universitas) dapat lebih teliti lagi saat menginput data ke PDPT.

      Hapus
  5. Good, artikel yang cukup membantu.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan saya mengenai cara memperbaiki kesalahan data Mahasiswa/ Dosen di laman Forlap Dikti ini dapat bermanfaat Pak.

      Hapus
  6. nyimak aja dulu mas, slm kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan Pak, dan semoga dapat bermanfaat.

      Hapus
  7. kalau saya sih sudah lewat masa mahasiswanya mas heehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saya juga sudah lewat Pak, tetapi tidak ada salahnya mengecek kevalidan data kita sebagai alumni mahasiswa di Pangkalan Data Perguruan Tinggi.

      Hapus
  8. kalau nim nya yg salah perbaikannya apakah sama dengan prosedur di atas mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memperbaiki kesalahan penulisan NIM di Forlap Dikti dapat mengikuti prosedur seperti di atas Pak.

      Hapus
  9. Tulisan yang sangat bermanfaat mas. Saya yakin selama ini banyak alumnus Perguruan Tinggi yang kurang peduli dengan datanya setelah lulus. Berhubung semakin gencarnya pemerintah dalam menertibkan ijasah-ijasah bodong, maka mau tidak mau kita selaku alumnus harus segera mengecek kebenaran data kita. Informasi ini sangat membantu mas. Terima kasih. Sukses untuk kemajuan dan perkembangan Guru Pantura.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya ini merupakan tugas dari pihak perguruan tinggi untuk memastikan data alumninya benar pada laman forlap dikti sesuai berkas otentik. Tetapi kita sebagai alumnus juga punya kewajiban untuk memantau dan mengingatkan pihak perguruan tinggi jika mereka menginput data yang kurang tepat atau bahkan salah pada laman forlap dikti.

      Hapus
  10. Sangat bermanfaat nih, nanti saya mau praktekkan kalau begitu.

    BalasHapus
  11. iya ni mas, nama saya di dikti belum terdaftar, perlu daftar ulang sepertinya ya :D

    BalasHapus
  12. kalau saya pasti ga terdaftar ya mas.. kuliahnya ga selesai sih..

    BalasHapus
  13. Klu baru didaftar kan data mahasiswa awal2 desember di forlap dikti.. kira2 data kita muncul di forlap dikti kapan ya...

    krn dgr2 pelaporan ke dikti dilakukan setiap smester....


    makasi


    iRa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di setiap akhir semester biasanya operator perguruan tinggi baru melakukan pembaruan data mahasiswa/dosen di laman forlap dikti.
      Silakan ditunggu saja prosesnya, karena sebelum data kita muncul/berubah harus melalui proses validasi oleh operator dikti.

      Hapus
  14. Selamat sore mas...
    Saya adalah mahasiswa pindahan dari kampus A ke kampus B.
    Saat saya chek di forlap saya masih terdaftr aktif di kampus A. Dan saat saya mencari nama saya di yang lain (kampus B)kok tidak ketemu ya.....kira kira kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tahu sejak kapan pindah universitasnya?
      Operator perguruan tinggi biasanya melaporkan data terbaru seluruh mahasiswa/dosen di setiap akhir semester.
      Coba hubungi operator perguruan tinggi anda untuk menanyakan lebih lanjut mengenai hal ini.

      Hapus
  15. mau tanya pak sy dapat kasus, di forlap dikti ketika di cari dengan nama mahasiswa muncul data nama benar NIM salah, jurusan salah dan jenjang salah, akan tetapi begitu di cari dengan kata kunci NIM yang tertulis di ijazah yang muncul malah nama orang lain dengan jurusan yang berbeda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masalah ini pelik sekali Mas,
      Jika dicari dengan menggunakan nama, kemungkinan hasil yang muncul di forlap akan lebih dari satu, ini dikarenakan adanya orang dengan nama yang sama dengan kita dan kuliah juga di universitas tersebut.
      Tetapi jika dicari dengan menggunakan NIM seharusnya data yang muncul cuma satu, yaitu data/identitas kita.
      Sebaiknya langsung tanyakan kepada pihak universitas, dalam hal ini bidang akademik mengenai ketidaksinkronan NIM dengan data kita.
      Semoga membantu.

      Hapus
  16. Saya Lulus 2010 dari unmul, tapi kok tidak terdaftar ya. gmn ini solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan hubungi pihak universitas, atau bagian akademik dimana anda pernah terdaftar sebagai mahasiswa.
      Karena sampai saat ini, masih banyak universitas/perguruan tinggi yang kurang memahami betapa pentingnya pelaporan dan pembaruan data mahasiswa/alumninya di web Forlap Dikti.

      Hapus
  17. mau tanya mas, saya sudah konfirmasi ke PT tempat saya masih terdaftar sebagai mahasiswa, dan katanya mereka sudah kirim data pembaruan ke DIKTI. tapi status saya masih tetap 'aktif'. jadi bagaimana cara saya untuk melapor ke pihak DIKTI ? tenngkyu,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tidak mempunyai wewenang untuk melapor dan mengubah langsung data profil kita ke Dikti.
      Untuk pengajuan perubahan/update data di forlap dikti hanya bisa dilakukan melalui ajuan ke Perguruan Tinggi asal, selanjutnya pihak Perguruan Tinggi lah yang akan meneruskan pengajuan kita ke Dikti.
      Lama tidaknya perubahan data kita, sangat tergantung kepada kelengkapan berkas yang kita ajukan, serta banyaknya antrian data di Dikti.
      Pengalaman saya dulu, membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk mengupdate data di forlap dikti.
      Saran saya, jika memang benar ajuan data pembaruan kita sudah dikirim oleh pihak Perguruan Tinggi, tidak ada salahnya anda meminta bukti screenshot/capture pengajuan tersebut kepada pihak PT.

      Hapus
  18. Kalau mengurus kesalahan nama apa harus ke PTnya mas? Untuk diteruskan ke dikti?
    Saya masih mahasiswa aktif, saya takut ntr ijasah S1 saya berbeda dgn akta kelahiran dan ijasah lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk pengurusan pengubahan kesalahan nama di forlap Dikti harus melalui proses pengajuan yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Mas.

      Hapus
  19. mas apa harus ke operator PT nya ? karena di gunadarma operator PT nya hanya tau itu bukan kesalahan pT nya karena laporan sudah di serahkan ke Pihak DIKTI dan gk mau ngurusin lagi, itu gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mas, seluruh data yang tercantum di Web Forlap Dikti adalah data hasil ajuan dari Perguruan Tinggi.
      Di sini, Dikti hanya akan mengubah data jika Perguruan Tinggi yang mengusulkannya.
      Silakan Mas melakukan koordinasi intensif dengan Bagian Administrasi Nilai di Universitas Mas, dan juga pihak Kopertis yang menaungi Universitas, karena kevalidan data mahasiswa dan dosen di Forlap Dikti sebenarnya tidak hanya dibutuhkan oleh Mahasiswa, tapi juga dibutuhkan oleh pihak Universitas.

      Hapus
  20. Pak, jika dari PTS apakah pengajuan dari operator PT langsung diteruskan ke dikti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengubahan data mahasiswa & dosen dari PTS sepertinya harus melalui validasi terlebih dulu oleh Kopertis yang menaungi sebelum diteruskan ke Dikti.

      Hapus
  21. good. article
    selamat malam mas wahab, postingannya udah lumayan lama yah, btw kasihan sekali para jobbers online "saya". mirisnya lagi alumnus yang dah 4 taonan ng dapat kerjaan. harep2 peningkatan tarap kehidupan, nih malah harep2 cemas umur makin berkurang :D
    salam hangat mas wahab
    keep spirit (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat untuk berkarya dan bekerja Mas.

      Hapus
  22. Pak saya mau nanya, kalau pada saat kita sudah jawab yang diminta yaitu nama universitas, nama atau nim kita dan prodi tapi data kita ga keluar itu kenapa ya pak, tolong di jawab ya pak. Saya udah pusing bgt ngutak ngatiknya. Makasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau data tidak ada berarti operator kampus belum memasukkan/menginput data kita ke server Dikti.
      Untuk mahasiswa baru, biasanya data baru diinput ke Dikti pada awal semester 2.

      Hapus
  23. Salam kenal...Kampus saya sudah berganti nama dan manejemen sehingga tidak ada lagi datanya di PDPT dikti, bagaimana solusinya ya, mohon pencerahan, thanks

    BalasHapus
  24. Saya mengetahui prihal ini ketika saya mengajukan NIDN/no induk dosen nasional, walhasil data tidak valid karena "riwayat perkuliahan S1 saya belum tetdaftar di forlap.dikti" begitu kira2 keteranagnnyanmengapa tidak valid, kemudian saya konfirmasi ke kampus, walhasil benar bahwa kampus saya sudah berganti menejemen dan penjelsan pihak kampus yang sekarang tengtang mengapa data saya tidak tetdaftar karena kata mereka nama/data kampus saya saja sudah tidak muncul lagi di forlap dikti maka otomatis sata saya pun tida bisa ditemukan. Mohon saran...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran yang dapat saya berikan:
      Jika kampus anda adalah kampus swasta, dan pihak operator kampus sudah tidak bisa membantu, silakan ajukan arahan lebih lanjut ke tingkat kopertis, bisa melalui sms/telepon/email.
      Jika kampus anda adalah kampus negeri, silakan ajukan permasalahan terkait forlap dikti di http://tanya.dikti.go.id/ dengan syarat register terlebih dulu untuk mendapatkan username & password.

      Hapus
  25. kalo fotocopy ijazah saja dan f.c transkrip bis? soalnya ijazah sy smpe sekarang belum diambil��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, harus menggunakan scan Dokumen Asli.

      Hapus
  26. asslam, mw bertanya mas, saya kuliah di universitas muhammadiyah di bengkulu dan sudah lulus th. 2012 akan tetapi ketika di cek di forlap dikti nama saya dan kawan2 satu angkatan dan dibawah saya tidak ada yg terdaftar di forlap dikiti (hanya khusus FAI) dan kalau saya cek data teman2 saya di fakultas yg berbeda semunya da terdaftar di forlap dikiti. untuk kasus seperti ini bagaimana kira2 mas, mhon pencerahaanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Silakan dicek lebih teliti lagi pada forlap Dikti menggunakan nama atau NIM, nama fakultas/prodi tidak perlu diisi, cukup isi kolom nama dan universitas, atau kolom nama dan NIM saja.

      Hapus
  27. Hii abdul salam,
    klo sy khan di Nim transkip 00xxxxx
    kemudian di ijazah nim sy adl 01xxxxxx.
    adapun maksud 2 angka depan thn masuk 00(2000) 01(2001)
    sy masuk thn 2000
    kemudian hasil cek dikti
    1.nama lengkap ada ejaan yg salah.
    2.no NIM yg tertera 01xxxxxx
    pertanyaan :
    1.perbaikkannya bagaimana?
    2.operator PT itu lapor ke Tata usaha PT atau ke departement DIKTI
    3.jadi no NIM yg berlaku NIM IJAZAH atau NIM Transkip nilai?
    sekian Trims

    BalasHapus
  28. Mas, saya punya masalah, yayasan kampus saya berseteru sehingga terpecah menjadi 2, pihak kampus saya tidak memiliki account PDPT, sehingga banyak alumni masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif, account pdpt dimiliki oleh pihak lain , ada solusinya?

    BalasHapus
  29. Slmt siang mas wahab
    Saya mau tanya untuk scan ijazah ijazah SMA / D3 ya mas?
    Dan bisa tidak kalau kita langsung urus sendiri ke DIKTI
    Saya ada kesalahan nama mas
    Trims

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.