Aturan Pindah Siswa dari Sekolah Swasta ke Negeri

Saya akan mengelompokkan dasar hukum perpindahan siswa antar sekolah (swasta, negeri), nonformal dan informal, pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Aturan hukum tersebut berwujud undang-undang dan peraturan pemerintah yang masih berlaku sampai saat ini, yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (unduh di sini), dan juga Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Isi dari tulisan kali ini bersumber dari rasa keingintahuan saya terkait aturan hukum yang mengatur dan menaungi proses penerimaan/perpindahan peserta didik.

Aturan pindah sekolah di Indonesia

Sudah seharusnya prinsip penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan secara demokratis dan berkeadilan, serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi setiap manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa Indonesia. Prinsip tersebut berlaku tidak hanya pada proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas, tetapi berlaku juga pada tahap penerimaan dan perpindahan peserta didik. Karena “pindah sekolah” merupakan hak setiap peserta didik seperti yang tercantum di dalam pasal 12 (ayat 1, poin ke 5) UU No. 20 Tahun 2003, yang berbunyi :

“Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak pindah ke program pendidikan pada jalur dan satuan pendidikan lain yang setara.”

Apakah setiap peserta didik/siswa berhak pindah sekolah dari sekolah swasta ke sekolah negeri, ataupun sebaliknya? Jawabannya adalah BERHAK.
Lalu, apakah setiap peserta didik/siswa bisa pindah dari sekolah swasta ke sekolah negeri, atau dari sekolah negeri ke sekolah swasta? Jawabannya BELUM TENTU, bisa atau tidaknya pindah sekolah sejalan dengan terpenuhi atau tidaknya aturan-aturan mengenai perpindahan siswa pada masing-masing sekolah.

Siswa Pindah Sekolah dari sekolah satu ke sekolah lainnya

Berikut ini aturan-aturan yang berkaitan dengan pindah sekolah siswa/peserta didik dari sekolah swasta/negeri, maupun dari jalur pendidikan lain yang setara, pada jenjang dasar (SD/MI, SMP/MTs) dan jenjang menengah (SMA/MA/SMK/MAK) :

ATURAN/SYARAT PINDAH SEKOLAH PESERTA DIDIK SD/MI.
  1. SD/MI atau bentuk lain yang sederajat wajib menerima warga negara berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun sebagai peserta didik sampai dengan batas daya tampungnya. (Pasal 69 ayat 4, PP No. 17 Tahun 2010).
    Berdasarkan bunyi pasal tersebut dapat kita ketahui bahwa setiap satuan pendidikan dasar setingkat SD di Indonesia, wajib menerima semua warga negara (calon siswa baru/siswa pindahan) yang berusia 7-12 tahun sebagai peserta didik sampai dengan batas daya tampungnya. Lalu, batas daya tampungnya berapa? Daya tampung jumlah peserta didik untuk SD paling banyak adalah 40 orang per rombel/kelas.

  2. Peserta didik jalur nonformal dan informal dapat diterima di SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat tidak pada awal kelas 1 (satu) setelah lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan formal yang bersangkutan. (Pasal 73 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010).
    Tidak hanya peserta didik jalur pendidikan formal saja (SD/MI) yang diperbolehkan untuk pindah sekolah, tetapi peserta didik dari jalur nonformal ataupun informal juga memiliki kesempatan yang sama dengan syarat lulus tes kelayakan dan penempatan sekolah yang dituju.

    Baca juga : Pengertian dan Contoh Pendidikan Formal-Nonformal-Informal

  3. Peserta didik pendidikan dasar setara SD di Negara lain dapat pindah ke SD, MI, atau bentuk lain yang sederajat di Indonesia setelah memenuhi persyaratan lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. (Pasal 73 ayat 4, PP No. 17 Tahun 2010).
    Melalui ayat di dalam pasal ini, pemerintah Indonesia berkomitmen memfasilitasi peserta didik setara SD dari Negara lain untuk dapat pindah sekolah di Indonesia, tentunya dengan syarat lulus tes kelayakan dan penempatan sekolah yang dituju terlebih dulu.

  4. Satuan pendidikan memberikan bantuan penyesuaian akademik, sosial, dan/atau mental yang diperlukan oleh peserta didik berkelainan dan peserta didik pindahan dari satuan pendidikan formal lain atau jalur pendidikan lain. (Pasal 73 ayat 7, PP No. 17 Tahun 2010).
    Pihak Sekolah Dasar/SD diharapkan mampu dan berupaya memberikan bantuan kepada peserta didik pindahan dari jalur pendidikan formal/nonformal/informal dan juga peserta didik pindahan dari Negara lain. Salah satunya berupa penyesuaian nilai mata pelajaran dan nilai raport peserta didik pindahan, selain itu dapat berupa pengenalan lingkungan sekolah baru kepada peserta didik pindahan dll.

  5. Siswa SD/MI pindah sekolah

  6. Penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan dasar dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel. (Pasal 74 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010).
  7. Keputusan penerimaan calon peserta didik menjadi peserta didik dilakukan secara mandiri oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala satuan pendidikan. (Pasal 74 ayat 3, PP No. 17 Tahun 2010).
    Setiap SD diberikan wewenang khusus untuk memusyawarahkan penerimaan peserta didik pindahan melalui rapat guru. Salah satu tujuan rapat ini adalah untuk mendengarkan pendapat dari para guru kelas yang bersangkutan tentang kondisi daya tampung kelas/jumlah peserta didik.
  8. Satuan pendidikan dasar (SD/MI) dapat menerima peserta didik pindahan dari satuan pendidikan dasar lain. (Pasal 75 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010).
    Sangat jelas tertera di pasal ini bahwa setiap SD atau MI, baik itu SD negeri maupun SD swasta dapat menerima peserta didik pindahan dari SD lainnya dengan tidak melihat status swasta atau negeri sekolah asal peserta didik tersebut.
  9. Satuan pendidikan dapat menetapkan tata cara dan persyaratan tambahan penerimaan peserta didik pindahan, selain persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 dan Pasal 74 dan tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (Pasal 75 ayat 2, PP No. 17 Tahun 2010).
    Melalui pasal ini pemerintah memberikan hak dan batasan kepada Sekolah Dasar/SD untuk membuat juknis dan persyaratan tambahan penerimaan peserta didik pindahan sesuai dengan aturan yang berlaku dimasing-masing sekolah. Dengan batasan bahwa persyaratan tambahan dan juknis penerimaan peserta didik pindahan yang berlaku ditiap-tiap sekolah tidak boleh bertentangan/melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan.

ATURAN/SYARAT PINDAH SEKOLAH PESERTA DIDIK SMP/MTs.
  1. SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat wajib menerima warga negara berusia 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 15 (lima belas) tahun sebagai peserta didik sampai dengan batas daya tampungnya. (Pasal 71 ayat 2, PP No. 17 Tahun 2010)
    Berdasarkan bunyi pasal tersebut dapat kita ketahui bahwa setiap satuan pendidikan dasar setingkat SMP, wajib menerima semua warga negara (siswa baru/siswa pindahan) yang berusia 13-15 tahun sebagai peserta didik sampai dengan batas daya tampungnya. Daya tampung untuk setingkat SMP berapa? Daya tampung jumlah peserta didik untuk SMP paling banyak 40 orang per rombongan belajar/kelas.

  2. Peserta didik jalur nonformal dan informal dapat diterima di SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat tidak pada awal kelas 7 (tujuh) setelah memenuhi persyaratan: lulus ujian kesetaraan Paket A; dan lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan formal yang bersangkutan. (Pasal 73 ayat 3, PP No. 17 Tahun 2010).
    Tidak hanya peserta didik jalur formal saja (SMP/MTs) yang diperbolehkan untuk pindah sekolah, tetapi juga peserta didik dari jalur nonformal ataupun informal memiliki kesempatan yang sama dengan syarat lulus ujian kesetaraan paket A, dan lulus tes kelayakan/penempatan sekolah yang dituju.
  3. Peserta didik pendidikan dasar setara SMP di negara lain dapat pindah ke SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat di Indonesia setelah memenuhi persyaratan: menunjukkan ijazah atau dokumen lain yang membuktikan bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan dasar setara SD; dan lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. (Pasal 73 ayat 5, PP No. 17 Tahun 2010).
    Melalui ayat di pasal ini pemerintah Indonesia memfasilitasi peserta didik setara SMP dari Negara lain untuk dapat pindah sekolah di Indonesia, tentunya dengan syarat telah menyelesaikan pendidikan dasar setara SD, dan lulus tes kelayakan dan penempatan sekolah yang dituju terlebih dulu
  4. Satuan pendidikan memberikan bantuan penyesuaian akademik, sosial, dan/atau mental yang diperlukan oleh peserta didik berkelainan dan peserta didik pindahan dari satuan pendidikan formal lain atau jalur pendidikan lain. (Pasal 73 ayat 7, PP No. 17 Tahun 2010).
    Pihak Sekolah Menengah Pertama/SMP memberikan bantuan kepada peserta didik pindahan dari jalur pendidikan nonformal/informal dan juga peserta didik pindahan dari Negara lain. Bantuan bisa berupa penyesuaian nilai mata pelajaran dan nilai raport, bantuan pengenalan lingkungan sekolah dll.
  5. Penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan dasar dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel. (Pasal 74 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010).
  6. Keputusan penerimaan calon peserta didik menjadi peserta didik dilakukan secara mandiri oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala satuan pendidikan. (Pasal 74 ayat 3, PP No. 17 Tahun 2010).
    Setiap SMP diberikan wewenang khusus untuk menerima atau tidaknya pindahan peserta didik melalui rapat guru yang dipimpin oleh kepala sekolah. Salah satu tujuan dari rapat ini adalah untuk mendengarkan pendapat dari wali kelas tentang kondisi daya tampung kelas/jumlah peserta didik.
  7. Siswa SMP/MTs pindah sekolah
    Sumber Gambar : http://smpn4pati.sch.id/ wp-content/uploads/
    2011/03/148193_1344331347315_1802191961_656440_
    6182451_n.jpg
  8. Satuan pendidikan dasar (SMP/MTs) dapat menerima peserta didik pindahan dari satuan pendidikan dasar lain. (Pasal 75 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010).
    Sangat jelas tertera pada pasal ini bahwa setiap sekolah (SMP/MTs), baik itu SMP negeri maupun SMP swasta dapat menerima peserta didik pindahan dari SMP lainnya dengan tidak melihat status swasta/negeri SMP tersebut.
  9. Satuan pendidikan dapat menetapkan tata cara dan persyaratan tambahan penerimaan peserta didik pindahan selain persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 dan Pasal 74 dan tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (Pasal 75 ayat 2, PP No. 17 Tahun 2010). Pemerintah memberikan hak kepada setiap SMP untuk membuat juknis dan persyaratan tambahan penerimaan peserta didik pindahan sesuai dengan aturan yang berlaku dimasing-masing sekolah. Persyaratan tambahan dan tatacara penerimaan peserta didik pindahan yang berlaku ditiap-tiap sekolah tidak boleh bertentangan/melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

ATURAN/SYARAT PINDAH SEKOLAH PESERTA DIDIK SMA/MA.
  1. Sesuai Pasal 83 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010,peserta didik satuan pendidikan menengah dapat pindah ke:
    - Jurusan yang sama pada satuan pendidikan lain.
    Contoh : siswa jurusan Peminatan Ilmu-ilmu sosial SMA swasta/negeri A, dapat pindah ke jurusan Peminatan Ilmu-ilmu sosial di SMA swasta/negeri B.
    - Jurusan yang berbeda pada satuan pendidikan yang sama.
    Contoh : siswa jurusan Peminatan Ilmu-ilmu sosial SMA swasta/negeri A, dapat pindah ke jurusan Peminatan Matematika dan Ilmu alam di SMA yang sama.
    - Jurusan yang berbeda pada satuan pendidikan lain.
    Contoh : siswa jurusan Peminatan Ilmu-ilmu sosial SMK/SMA swasta/negeri A, dapat pindah ke jurusan Peminatan Matematika dan Ilmu alam di SMK/SMA B tanpa perlu melihat status sekolah swasta/negeri.
  2. Siswa SMA/SMK pindah sekolah
    Sumber Gambar : http://www.smanju.com/sites/default/files/
    DSC_0064.JPG
  3. Peserta didik jalur nonformal dan informal dapat diterima di SMA, MA, SMK, MAK, atau bentuk lain yang sederajat sesudah awal kelas 10 (sepuluh) setelah: lulus ujian kesetaraan Paket B; dan lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan formal yang bersangkutan. (Pasal 81 ayat 3, PP No. 17 Tahun 2010).

  4. Peserta didik pendidikan menengah setara SMA atau SMK di negara lain dapat pindah ke SMA, MA, SMK, MAK, atau bentuk lain yang sederajat di Indonesia dengan syarat: menunjukkan ijazah atau dokumen lain yang membuktikan bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan dasar setara SMP; dan lulus tes kelayakan dan penempatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan bersangkutan. (Pasal 81 ayat 5, PP No. 17 Tahun 2010).

  5. Satuan pendidikan SMA, MA, SMK, MAK, atau bentuk lain yang sederajat memberikan bantuan penyesuaian akademik, sosial, dan/atau mental yang diperlukan oleh peserta didik berkelainan dan peserta didik pindahan dari satuan pendidikan formal lain atau jalur pendidikan lain. (Pasal 81 ayat 7, PP No. 17 Tahun 2010).
    Pihak SMA/SMK memberikan bantuan kepada peserta didik pindahan dari jalur pendidikan formal/nonformal/informal dan juga peserta didik pindahan dari Negara lain. Bantuan ini bisa berupa penyesuaian nilai mata pelajaran dan nilai raport, bantuan pengenalan lingkungan sekolah, dll.

  6. Penerimaan peserta didik pada satuan pendidikan menengah dilakukan secara objektif, transparan, dan akuntabel. (Pasal 82 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010).

  7. Keputusan penerimaan calon peserta didik menjadi peserta didik dilakukan secara mandiri oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala satuan pendidikan. (Pasal 82 ayat 3, PP No. 17 Tahun 2010). Setiap satuan pendidikan/sekolah diberikan wewenang khusus untuk menerima atau tidaknya pindahan peserta didik melalui rapat guru yang dipimpin oleh kepala sekolah.
    Salah satu tujuan dari rapat ini adalah untuk mendengarkan pendapat dari wali kelas SMA/MA tentang kondisi daya tampung kelas/jumlah peserta didik paling banyak 40 orang per rombel/kelas. Jadi misalkan jumlah siswa tiap kelas di sekolah tersebut sudah melebihi daya tampung, maka tidak diperbolehkan lagi untuk menerima siswa pindahan dari sekolah lain.

  8. Satuan pendidikan dapat menetapkan tatacara dan persyaratan tambahan selain persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 81 dan Pasal 82 dan tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (Pasal 83 ayat 2, PP No. 17 Tahun 2010).
    Pemerintah memberikan hak kepada setiap SMA dan yang sederajat untuk membuat juknis dan persyaratan tambahan penerimaan peserta didik pindahan sesuai dengan aturan yang berlaku dimasing-masing sekolah. Persyaratan tambahan dan tatacara penerimaan peserta didik pindahan yang berlaku ditiap-tiap SMA tidak boleh diskriminatif dan bertentangan/melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Cara Mutasi/Pindah NUPTK dan Sekolah Induk di Padamu Negeri

Kesimpulannya : Undang-undang menjamin hak setiap peserta didik di setiap satuan pendidikan/sekolah untuk pindah ke sekolah lain yang setara, baik itu sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah nonformal, bahkan sekolah informal. Tetapi, tidak semua perpindahan peserta didik tersebut diterima oleh sekolah tujuan, hal ini berkaitan dengan terpenuhi atau tidaknya semua persyaratan perpindahan peserta didik yang bersangkutan, ditambah lagi dengan adanya persyaratan tambahan di tiap-tiap sekolah selain persyaratan menurut Undang-undang dan Peraturan pemerintah yang sudah saya uraikan di atas.

Saran yang bisa saya berikan : jika di antara kawan-kawan ada yang ingin pindah jurusan/pindah dari satu sekolah ke sekolah lainnya tanpa perlu melihat embel-embel swasta/negeri, sebaiknya bertanya terlebih dahulu ke sekolah tujuan mengenai tatacara dan persyaratan administratif pindah sekolah yang berlaku di sekolah tersebut, termasuk besaran biaya sumbangan pembangunan/uang gedung yang harus dibayarkan, karena syarat-syarat pindah sekolah ini berbeda-beda antara daerah satu dan lainnya sesuai dengan pergub/perbup/perwa/perkadis/perkepsek tentang mutasi siswa yang berlaku dan digunakan di daerah tersebut. Semakin cepat kita tahu semua persyaratannya, semakin matang pula kita dapat mempersiapkannya.
Sekian uraian mengenai Aturan dan Syarat Pindah dari sekolah SD/SMP/SMA Swasta ke sekolah SD/SMP/SMA Negeri, ataupun sebaliknya.
Salam Guru Pantura.



123 Komentar pada "Aturan Pindah Siswa dari Sekolah Swasta ke Negeri"

  1. semua ada aturan mainnya. dan.. terbilang nggak gampang cara pindahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali, untuk siswa yang akan pindah sekolah harus memenuhi semua syarat yang telah ditetapkan masing-masing sekolah, dengan catatan syarat-syarat tersebut tidak bertentangan dengan aturan perundang-undangan mengenai pindah sekolah yang berlaku di Indonesia.

      Hapus
  2. makasih infonya, mas. tapi harusnya kayak gini dihindari ya. gak asal pindah2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebisa mungkin menghindari berpindah-pindah sekolah, tetapi terdapat banyak faktor/alasan seseorang pindah sekolah, semisal mengikuti domisili orangtua yang pindah-pindah terus antar kota/provinsi sebagai konsekuensi pekerjaan.

      Hapus
  3. Jrang sekali aturan pindah sekolah dari swasta ke negeri ini diketahui oleh orang banyak, yang ada malah banyak orang yang mengambil jalan pintas, yang penting negeri sekolahnya. Semoga informasi ini dapat membantu agar lebih tertip menueurt aturan yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya begitulah pak, semoga tulisan ini bisa ikut meramaikan atau bahlan memberi sedikit pencerahan terhadap siswa yang akan pindah sekolah mengenai syarat/aturan dasar mutasi siswa antar sekolah.

      Hapus
  4. Sangat lengkap dan bermanfaat sekali Kang Aturan Pindah sekolah dari sekolah swasta ke negeri atau sebaliknya karena tidak semua masyarakat mengetahui Aturan-Aturan yang tersebut di atas.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, tulisan ini juga sebagai jawaban atas pertanyaan beberapa orang yang sering sekali menanyakan "Apakah siswa SD/SMP/SMA/SMK swasta bisa pindah ke sekolah SD/SMP/SMA/SMK negeri?"

      Hapus
  5. ternyata aturan pindah itu banyak juga yamas.
    tentunya ini dibutuhkan anak yg berkeinginan pindah sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banyak berkas administrasi yang harus dilengkapi jika ingin pindah sekolah pak, apalagi kalau lokasi sekolah baru/tujuan tersebut berbeda provinsi atau bahkan berbeda pulau dengan sekolah yang akan ditinggalkan.

      Hapus
  6. banyak juga aturannya ya. tidak ahanya aturan pindah sekolah. tapi intinya untuk pindah itu adalah hak ya. tinggal sekolahnya mu mnrima atau tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, pindah sekolah adalah hak setiap siswa.
      Untuk urusan diterima atau tidaknya siswa pindah sekolah, tergantung dari terpenuhi atau tidaknya prasyarat sekolah tujuan, misalnya: jumlah siswa per kelas di sekolah tersebut dan beberapa hal lainnya. Selain itu, setiap siswa yang akan pindah sekolah diwajibkan juga untuk memenuhi semua syarat pindah sekolah yang berlaku di masing-masing sekolah.

      Hapus
  7. ternyata begitu ya mas aturannya kalo mau pindah sekolah dari swasta ke negeri ..
    terimakasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Buk, semoga tulisan tentang aturan (prasyarat dan syarat) pindah sekolah ini dapat memberi manfaat.

      Hapus
  8. Wah, lumayan ribet ya aturannya hehe... ya udah gak usah pindah2 aja deh, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa memang saya sarankan jangan sampai pindah sekolah mas, tapi terkadang keadaanlah yang memaksa seseorang harus pindah sekolah.
      Ribet berkas administrasi pindah sekolahnya, apalagi yang pindah sekolah antar provinsi.

      Hapus
  9. Saya waktu smu dulu sulit pindah ke negeri karena kuotanya terbatas....tapi kalau pindah dari negeri ke swasta mudah...itu kenapa ya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, ada aturan berbeda di tiap daerah/sekolah mengenai persyaratan pindah sekolah.
      Kenapa pindah ke sekolah swasta lebih mudah? Mungkin karena kuota maksimal per rombel 40 siswa belum terisi semua, sehingga jika ada siswa pindahan langsung diterima.

      Hapus
  10. wah info yang menarik sob, jadi tau kalau anak mau pindah sekolah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga bisa sedikit membantu mensosialisasikan undang-undang dan peraturan lain yang membungkus aturan/syarat siswa pindah sekolah.

      Hapus
  11. saya mau tanya adik saya di smk swasta baru masuk semester satu ingin pindah semester dua nanti ke sma apakah bisa? atau harus di smk dengan penjuruan yang sama?

    BalasHapus
  12. saya mau tanya adik saya di smk swasta baru masuk semester satu ingin pindah semester dua nanti ke sma apakah bisa? atau harus di smk dengan penjuruan yang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai Pasal 83 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010, siswa satuan pendidikan menengah dapat pindah ke Jurusan yang berbeda pada satuan pendidikan lain.

      Misalnya : siswa jurusan Peminatan Ilmu-ilmu sosial SMK/SMA swasta/negeri A, dapat pindah ke jurusan Peminatan Matematika dan Ilmu alam di SMK/SMA B.

      Selanjutnya, sesuai Pasal 81 ayat 7, PP No. 17 Tahun 2010, pihak SMA/SMK dapat memberikan bantuan kepada peserta didik pindahan dari jalur pendidikan lain. Bantuan tersebut berupa penyesuaian nilai mata pelajaran dan nilai raport, bantuan pengenalan lingkungan sekolah, dll.

      Untuk syarat yang lebih jelas, silakan hubungi sekolah tujuan untuk mengetahui syarat-syarat yang berlaku di sekolah tersebut.

      Hapus
  13. Saya mau pindah dari smk negeri ke sma negeri? Bisa ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap siswa berhak mengajukan pindah sekolah, baik dari sekolah negeri ke sekolah swasta atau sebaliknya. Sesuai Pasal 83 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010, siswa satuan pendidikan menengah dapat pindah ke Jurusan yang berbeda pada satuan pendidikan lain.
      Yang menenetukan disetujui atau tidaknya perpindahan tersebut oleh sekolah baru adalah terpenuhi atau tidaknya semua aturan/persyaratan untuk pindah sekolah.
      Saran saya, sebaiknya anda terlebih dulu menghubungi pihak sekolah tujuan dan bertanya mengenai semua persyaratan yang diminta untuk pindah ke sekolah tersebut.

      Hapus
    2. Tapi apa peraturan setiap sekolah berbeda?
      Berhubungan masih dalam suasana lebaran, mohon maaf lahir batin :)

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. min bisa ga sma swasta pindah ke negeri? syaratnya apa? kurang paham nih min gara2 salah pilih gua

      Hapus
    2. Pindah dari sma swasta ke sma negeri itu bisa-bisa saja karena sudah diatur di dalam Undang-Undang sesuai dengan yang sudah saya jabarkan di atas.

      Untuk syarat-syarat perpindahan yang harus dipenuhi, silakan bertanya langsung kepada sekolah tujuan anda, karena diterima tidaknya anda pindah itu adalah hak prerogatif sekolah tujuan dengan tetap tidak bertentangan terhadap peraturan yang berlaku.

      Hapus
  15. Saya sekolah di sma swasta Bandung, baru kelas 10, kalau nanti udh selesai ujian, saya bsa pindah ke sma negeri Bandung ga? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja untuk pindah sekolah dari sma swasta ke sma negeri.
      Saran yang bisa saya berikan adalah secepatnya anda bertanya kepada sekolah tujuan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk pindah sekolah, semakin cepat tahu syarat-syaratnya akan semakin baik pula kita dalam mempersiapkannya.
      Serta, silakan bertanya apakah kondisi sekolah tujuan masih memungkinkan untuk menerima siswa pindahan baru.

      Hapus
  16. Gan,bila gue pindah dr MA ke SMA bisa kgk dan bila bisa apakah hrs pakai uang sogok an?

    BalasHapus
  17. O iya gan gue kls X ,dan gunakan k-13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai Pasal 83 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010, siswa dari Madrasah Aliyah (MA) pun dapat pindah ke SMA, asalkan memenuhi semua aturan dan persyaratan di sekolah tujuan, dalam hal ini SMA.
      Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu tentang semua persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat pindah ke sekolah tujuan anda (SMA).

      Hapus
  18. Gan kalo mau pindah sekolah dari sma negeri ke sma negeri tapi baru masuk 2 minggu bisa nggak? Soalnya gak betah di sma yang satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja Mas,
      Sebaiknya Mas menghubungi pihak sekolah tujuan untuk menanyakan syarat-syarat pindah yang diperlukan.

      Hapus
  19. Mau nanya. Saya sekolah smk swasta di surabaya. Semester dua nanti saya punya niatan pindah ke smk negeri di surabaya juga. Apakah bisa seperti itu? Lalu dikenakan biaya sekisaran berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah antar satuan pendidikan dapat saja dilakukan, misalnya SMK swasta ke SMK negeri, karena hal itu sudah diatur di dalam Pasal 83 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010.
      Silakan bicarakan dengan sekolah asal dan sekolah tujuan mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk proses perpindahan.

      Hapus
  20. Anak saya sekarang sekolah di SMA negeri kelas X mau pindah ke SMK Negeri apa bisa? ada info katanya ga bisa
    ? mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut aturan, sangat memungkinkan bagi siswa untuk pindah antar satuan pendidikan yang berbeda, seperti dari SMA ke SMK.
      Sebaiknya Bapak/ Ibu menemui kedua sekolah untuk meminta petunjuk yang lebih jelas mengenai hal ini.

      Hapus
  21. pak mau nanya, sebenarnya bisa ga ya ,saya kelas 10 MA Swasta akreditasi A kurkulum 2013 ,mw pindah nanti awal kelas 11 di SMAN negeri akreditasi A kurkulum 2013 juga?. terus sesama 1 kota/kabupaten tapi berbeda kelurahan? alasan saya pindah karna saya tidak kuat di sekolah Madrasah aliyah karena beban agmaa banyak. apakah alasan itu dapat diterima kepada sekolah tujuan pindahan tersebut? mohon penjelasannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan aturan undang-undang yang diatur di dalam Pasal 83 ayat 1, PP No. 17 Tahun 2010, seharusnya perpindahan siswa antar satuan pendidikan dapat dilaksanakan, sebagai contoh keinginan Mas yang ingin pindah sekolah dari MA Swasta ke SMA Negeri pun dapat dilakukan jika mengacu pada aturan tersebut.
      Saran dari saya, sebaiknya Mas mencari informasi ke sekolah tujuan (dalam hal ini SMA Negeri) mengenai syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dapat pindah ke sekolah tersebut.
      Semoga dapat terbantu.

      Hapus
    2. Saya ingin saran dari anda. MEnurut bapak waktu perpindahan yg paling baik pada berakhirnya semester 1 kls X atau pd tahun pelajaran baru Nanti (awal smt 1 kls 11) saya baru kelas X . Trs jika tdk keberatan bisakah bapak memberikan rate berapa persenkah untuk bisa meyakinkan sya bisa pindah dari Ma swasta ke sma negeri? Mungkin brdskrn menurut pengalaman anak tmn anda yg senasib sprt saya,atau hal lain2 ? sekian trims

      Hapus
    3. Sebetulnya untuk pindah antar sekolah dapat dilakukan kapan saja, tetapi mengingat Mas pindah dari MA ke SMA, saran saya dilakukan pada awal tahun pelajaran.

      Hapus
  22. Asalsmu'alaikum pak
    Saya mau tanya saya sekarang kelas10 sma negri yang baru masuk 5 minggu saya mau pindah smk swasta yang masih se kabupaten apakah bisa??
    Dan berapa lama prosesnya??
    Trimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Saran dari saya untuk pindah sekolah antar satuan pendidikan yang berbeda (pindah dari SMA ke SMK) sebaiknya dilakukan pada jeda antar semester, atau bisa juga saat memasuki tahun ajaran baru.
      Langsung datangi sekolah tujuan untuk menanyakan syarat-syarat yang diperlukan untuk dapat pindah dan diterima di SMK tersebut.
      Semoga proses perpindahannya berjalan lancar dan sukses.

      Hapus
  23. Saya masih sekolah dismk swasta mau pindah ke smk negeri, tapi bapak saya sudah datang ke sekolah smk negeri tapi kata gak bisa ke negeri. Saya sama bapak saya mau rencana mau coba lagi datangi sekolahnya mau pindah lagi ke sekolah smk negeri, rencana nya semester ganjil ini lah pas lagi libur. Saya minta bantuannya pak cara supaya saya dapat pindah ke smk negeri, karena saya gk betah di smk swasta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan secara detail kepada sekolah tujuan (SMKN) mengenai alasan tidak dapat diterimanya Anda pindah ke sekolah tersebut.

      Hapus
  24. pak saya mau tanya ,,saya dari SMA PGRI NGORO kelas 10 ,apa bisa saya pindah ke SMA NEGERI ,,sama sama terakreditasi A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aturan bisa Mas,
      Untuk persyaratan lebih lanjut silakan menanyakan langsung kepada SMA Negeri yang ingin dituju.

      Hapus
  25. Saya mau nanya pak.. saya berasal dari sma swasta kota solo.. pakah saya bisa sekolah ke sma negri di jakarta?saya merasa tidak kuat sekolah di sma swasta yang sangat padat jadwalnya. ortu saya juga pingin saya sekolah di sma negri.setau saya kalo dari sma swasta pindah ke sma negri di dalam satu kota itu tdk bisa(biaya sangat mahal). maka dari itu saya tanya kalo sma negri itu dijakarta bisa apa engga?.. Saya butuh informasinya pak..klo perlu hub saya : 082226230052

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua perpindahan siswa antar satuan pendidikan (SMA, SMK, MA, MAK) haknya diatur oleh Undang-Undang. Intinya semau siswa dapat mengajukan perpindahan sekolah sesuai dengan yang sudah saya jabarkan di atas.
      Untuk mengetahui persyaratan lebih lanjut silakan hubungi sekolah asal dan sekolah tujuan untuk menanyakan hal-hal bersifat administratif yang harus diurus.

      Hapus
  26. SMK swasta ke negri itu bisa engk ? soalnya saya masih kelas 10 nih binggung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa :)
      Silakan dibaca lagi dengan teliti penjelasan di atas.

      Hapus
  27. Saya pertama daftar masuk, katanya nem saya kecil 46,36 tpi kawn saya yang lebih kecil nemnya 42,35 bisa masuk. Kalo uang yang berbicara kali ya. Saya mohon pencerahan pak, supaya saya bsa pindah ke smk swasta ke negeri, karena saya muak pada guru. Saya sangat mohon bantuannya pak. Karena saya pengen sekali sekolah di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saran dari saya, silakan anda mendatangi sekolah tujuan (negeri) tersebut terlebih dulu untuk menanyakan kaitan niat pindahnya anda ke sekolah tersebut.
      Jika pihak sekolah tujuan (negeri) sudah setuju untuk menerima anda sebagai siswa pindahan, barulah anda mengurus berkas perpindahan dari sekolah yang lama.

      Hapus
  28. assalamualaikum,wr,wb....
    mas klw aku sekarang kls 3 mau pindah sekolah antar wilayah gimana caranya ,bisa gak ....tks mas.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
      Sebetulnya bisa saja mengajukan pindah ke wilayah manapun, tetapi kalau anda saat ini sudah kelas 3 dan alasan pindahnya belum begitu kuat sebaiknya selesaikan dulu kelas 3 di sekolah tersebut sampai lulus.

      Hapus
  29. Assalamu'alaikum.....
    Mau tanya ni pak. Keponakan saya ingin pindah sekolah dari palembang ke bandung dan tinggal bersama sy. Sekarang dia kelas 7, tadinya nanti saja sekalian setelah lulus sekolah SMP dan baru masuk SMA dibandung. Tapi saya menyarankan untuk pindah sekarang saja. Karena faktor kwalitas dan fasilitas sekolah tempat ponakan saya kurang memadai karena dipelosok. Mohon sarannya pak! Trimakasih sebelumnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam,
      Pindah sekolah sekarang atau nanti saat sudah lulus SMP sepertinya sama baiknya, tergantung dari niat dan keinginan keponakannya.
      Jangan sampai ada keterpaksaan yang nantinya malah berakibat terhadap turunnya motivasi dan semangat belajarnya di sekolah.

      Hapus
  30. Keponakan saya kelas 10 disman 10 bekasi dengan kurikulum 2006,ingin pindah ke sman 49 Jakarta kurikulum 2013,apakah bisa? Sedangkan dari sekolahnya belum ada penjurusan ipa atau ips, namun disman 49 sudah mulai penjurusan de kelas 10,bagaimana menurut bapak? Saya tunggu infonya

    BalasHapus
  31. Permisi pak, saya mau nanya saya mau pindah dari sma negri ke sma jakarta dengan cara mutasi apa menggunakan biaya?

    BalasHapus
  32. saya mau bertanya, saya kelas 10 di sman 1 citereup bogor, rencana saya mau pindak ke sman di jakarta semester 2 ini. itu menggunakan biaya atau lewat tes ya pak? makasih

    BalasHapus
  33. Kalau udah kelas 2 smp masih bs gak?

    BalasHapus
  34. Assalamu Alaikum
    Apakah Anak pindahan dari Sekolah Akreditasi B tidak boleh masuk di Sekolah Akrediatasi A

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai aturan yang sudah saya uraikan di atas, hal itu boleh-boleh saja Pak, karena tidak bertentangan dengan aturan perundang-undangan secara umum.
      Selanjutnya, Bapak tinggal mencari tahu dan konfirmasi ke sekolah yang akan dituju untuk menanyakan aturan detail yang berlaku di sekolah tersebut, khususnya mengenai persyaratan penerimaan siswa pindahan masuk dari sekolah lain.

      Hapus
  35. min . gua anak smk kelas 2 jurusan arsitek pindah ke sma negeri jurusan ipa . . bayar 1500.000. . emang gitu yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sejumlah biaya yang dibayarkan pada saat siswa SMK/SMA pindah sekolah, tergantung dari kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing sekolah.
      Dan biaya tersebut pun sepertinya untuk kebutuhan siswa itu sendiri, misalnya untuk seragam, buku pelajaran, uang pembangunan sekolah, biaya praktikum dan lain sebagainya.

      Hapus
  36. min gue siswa smk kelas 10,nah mau pindah ke sma kelas 10 (tapi dari awal kelas 10,ngulang) apakah harus ikut ppdb? atau langsung bicara ke kepala sekolahnya ttg kebijakan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mengulang lagi dari kelas 10, karena sekolah baru akan mengadakan penyesuaian bentuk dan jenis nilai serta raport.
      Untuk lebih jelasnya, silakan tanyakan kepada pihak sekolah yang dituju (Bidang Kesiswaan).
      Terima Kasih.

      Hapus
  37. Pak Abdul Wahab, saya ingin bertanya. Anak saya saat ini kelas 5 sekolah dasar di SD Negeri di Jakarta Utara. Rencananya, kelas 6 nanti akan saya pindahkan ke salah satu SD Negeri di Depok, Jawa Barat. Pertanyaan saya, apa saja persyaratan-persyaratan umum yang dibutuhkan ?? Mengingat hanya akan 1 tahun saja di SD baru, apakah masih diperbolehkan pindah sekolah ?? Apakah ada sangsi kepada Satuan Pendidikan Dasar yang tidak mau menerima peserta didik pindahan ? Demikian dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah pertama, silakan bapak datang ke SD tujuan di Depok dan menanyakan apakah untuk kelas 6 masih memungkinkan untuk ditambah siswa pindahan, hal ini berkaitan dengan aturan batas jumlah maksimal siswa di tiap kelas sesuai dengan Permendiknas No.15 Tahun 2010 dan Permendikbud No.23 tahun 2013.
      Setelah itu Bapak bisa sekalian menanyakan persyaratan detailnya kepada pihak sekolah, yang biasanya hanya berupa Rapor siswa dan juga surat pengantar dari Dinas Pendidikan.
      Saran saya, sebaiknya untuk memindahkan siswa kelas 6, sebaiknya dilakukan di awal tahun ajaran, karena pada bulan-bulan berikutnya akan ada registrasi NISN siswa melalui Aplikasi Dapodik untuk mendapatkan Nomor Peserta Ujian Sekolah, dan akan menjadi sulit jika siswa tersebut sudah mempunyai Nomor Peserta Ujian di sekolah lain.

      Hapus
  38. pak ibu saya merantau ke jakarta, jadi aku harus ikut dengannya kalau tidak putuslah masa sekolahku tapi pak aku sudah kelas tiga sma dan aku berada di pondok madura , apakah boleh atau tidak?. mohon jawabannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, silakan cari informasi dulu mengenai profil sekolah tujuan (SMA) dan semua persyaratan untuk pindah sekolah di Jakarta.

      Hapus
  39. Assalamualaikum... Gan, saya mao nanya. Saya anak SMK swasta di depok kelas 10, rencananya saya kelas 11 mao pindah ke SMK negeri di depok. Kira kira bisa gk saya pindah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      Bisa saja pindah sekolah dari SMK swasat ke SMK negeri.
      Untuk persyaratan lengkapnya, silakan menghubungi sekolah tujuan untuk menanyakan semua persyaratan lengkap yang harus dipenuhi.

      Hapus
  40. Pak, saya mau nanya nih, bentar lagi kn udah mau buka pendaftaran sekolah tahun ajaran baru. Saya kelas 10 nih di SMA swasta, kalo misalnya saya nyoba lagi ke SMA Negeri bisa gk ya , Pak? Tetapi tidak mengulang lagi dari kelas 10,. Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu tidak mau mengulang lagi dari kelas X berarti ajukan mutasi/pindah siswa saja dari sekolah lama ke sekolah tujuan.

      Hapus
  41. Pindah sekolah dari smk swasta ke sma negeri apakah bisa?
    Tapi di smk swasta kelas 2 dan pindah ke sma negerinya kelas 2 juga apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, usahakan untuk pindah sekolahnya pada waktu jeda antar semester. Misal, pindah sekolahnya setelah selesai UAS/terima rapor.

      Hapus
  42. Pak, saya murid kelas 11 / 2 SMA di cirebon, kelas 3 nanti mau pindah sekolah ke Jogjakarta karena papa saya bekerja disana.. Nah bisa ngga ya sudah kelas 3 pindah sekolah? Apa tergantung kebijakan sekolah saya yang sekarng atau memang dari diknas tidak bisa? Lagi galau banget nih hehe terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah bisa pindah sekolah, tapi saya sarankan untuk melakukannya di awal semester kelas 3, supaya memudahkan mutasi data siswa untuk acuan database ujian nasional.
      Untuk syarat perpindahannya, silakan ditanyakan ke pihak sekolah tujuan.

      Hapus
  43. selamat malam pa, saya mau nanya. klo saya skrg kelas 11 di sekolah swasta dan saya mau pindah ke sekolah negeri sprt sman 4 bandung untuk tahun ajaran baru nanti sbg kls 12, apa itu bisa? dan nanti dipungut biaya juga? kira" berapa ya? makasih.

    BalasHapus
  44. Bisa gak sih pindah sekolah... tapi pendaftarannya udah ditutup dan udah mau liburan...?

    BalasHapus
  45. Pak jika pindah sma antarprovinsi apakah mempengaruhi seleksi kuliah jalur undangan?? Trimakasih

    BalasHapus
  46. Saya mau pindah nh dari Smk Swasta ke Smk Negeri,, Apa syaratnya Ribet? Atau membutuhkan biaya banyak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk syarat-syarat dasar pindah sekolah sesuai peraturan pemerintah sudah saya uraikan di atas, untuk syarat yang lebih spesifik silakan hubungi sekolah tujuan.

      Hapus
  47. Permisi pak,saya siswa kelas 10 smk negeri ingin pindah rumah dan di sekitar rumah saya tidak ada smk dengan jurusan yang saya sekarang ,jadi saya ingin pindah ke SMA negeri,saya sudah tanya apakah bisa lanjut di kelas 11,namun setiap saya ke sekolah sma dekat sana,menolak dan menyarankan untuk dari awal kelas 10, kira2 berkas apa saja yang diurus untuk mengulang dari kelas 10 SMA ya pak? trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, silakan konsultasi dengan sekolah asal dan sekolah tujuan mengenai persyaratan pindah sekolah langsung ke kelas XI SMA.

      Hapus
  48. Kalo misalnya dari negeri pindah ke sekolah negeri yg lain(salah pilih), apakah bisa pak?bagaimana caranya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk persyaratan pindah antar sekolah negeri silakan hubungi sekolah tujuan.

      Hapus
  49. Saya mau nanya kak, klo mau pindah sekolah itu selain persyaratan diatas, apakah ada biaya pindah untuk sekolah?? Misal klo mau pindah dari SMA negeri A ke SMA negeri B harus membayar 4jt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada kesepakatan antara komite & guru di sekolah yang mengatur mengenai biaya pindah sekolah, baik mutasi siswa masuk maupun keluar.

      Hapus
  50. Permisi pak...
    Anak saya mau pindah dari SMP yg menggunakan kurikulum 2006 ke SMP yg menggunakan Kurikulum 2013 bisa ngak y pak. Apa ada permen yg mengaturnya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Pak,
      Sementara belum ada peraturan pemerintah yang mengatur mengenai perpindahan siswa antar sekolah yang menggunakan kurikulum berbeda.

      Hapus
  51. Pindah sekolah dari smk swasta ke sma negeri apakah bisa?
    Tapi di smk swasta kelas 2 dan pindah ke sma negerinya kelas 2 juga apa bisa?Mohon bales komentar nya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai aturan yang sudah saya uraikan di atas memang bisa, tetapi untuk persyaratan dan aturan detailnya ditentukan oleh masing-masing sekolah.

      Hapus
  52. Dokumen udah lengkap semua ga jamin bisa di terima klo kesepakatan biaya pindah blm deal ..

    BalasHapus
  53. mohon pencerahan
    ada siswa dari SMK jurusan Perhotelan saat ini sudah kelas x dan naik kelas xi
    kemudian ingin pindah ke SMK lain dengan jurusan Otomotif,
    apakah harus mengulang dari kelas x atau langsung ke kelas xi
    karena materi kejuruannya jelas berbeda,

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa,
      Mungkin pihak sekolah akan memberikan beberapa materi pelajaran yang dibutuhkan, dan juga penyesuaian nilai pada raport.

      Hapus
  54. apa bisa sma kurikulum 2006 pindah ke sma kurikulum 2013

    BalasHapus
  55. pas ditanya sma kurikulum 2013 bilang tidak bisa

    mohon di jawab pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, mungkin pihak sekolah saja yang "malas" untuk mengkonversi nilai dari raport kurikulum 2006/KTSP ke raport kurikulum 2013.

      Hapus
  56. saya siswa dari SMA Unggulan kelas dua. saya ingin pindah ke sklah negeri, apabila masih blum ad surat pindahan apakah bisa di terima ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya tunggu saja sampai surat pindah sekolahnya ada, sehingga terhindarkan dari masalah administratif lainnya.

      Hapus
  57. klo saya dari smk swasta mau pndah ke MAN kok harus urus surat terima dulu bukanya urus surat pndah dlu....mhon bantuanya..pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini adalah salah satu trik/cara yang dilakukan sekolah asal untuk memastikan bahwa siswanya diterima di sekolah tujuan, sehingga status siswa menjadi jelas, dan terhindar dari status menggantung (sudah cabut berkas pindah sekolah, tetapi ternyata tidak diterima di sekolah tujuan).

      Hapus
  58. Apa syarat syarat pindah sekolah dari SMK negeri ke SMA negeri?
    Mohon dibantu.

    BalasHapus
  59. aassalamualaikum
    saya mau bertanya apakah bisa pindah dari sma swasta ke smk negri? Karena saya sudah tidak betah dan tidak nyaman di sma saya sekarang
    Mohon jawabanya pak terima kasih

    BalasHapus
  60. salam pak.
    saya mau tanya.
    apakah bisa pindah dari smk ke sma.?
    saya masih kelas 10, mau pindah kelas 10 juga.
    apakah bisa pak.?
    mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, untuk dasar peraturannya sudah saya uraikan di ats.

      Hapus
  61. Pak? Apakah bisa smk swasta mutasi atau pindah ke sma negeri?

    BalasHapus
  62. Saya niat mau pindah dari depok ke jakarta tapi dari SDN ke SDN lagi, yg jd pertanyaan "bisa gak yah klo saya pindah pada setelah mid tes??? Jd belum naik2an kelas & belum selesai semester 1" kira2 bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya pindah sekolah dilakukan di antara semester (setelah menerima raport semester), sehingga memudahkan urusan administrasi dan juga urusan nilai-nilai siswa di sekolah baru.

      Hapus
  63. Saya ingin bertanya.. Apakah pindah sekolah itu perlu mengeluarkan biaya diatas 10jt ? Atau itu hanya pungli ? Terimakasih

    BalasHapus
  64. Saya ingin bertanya.. Apakah pindah sekolah itu perlu mengeluarkan biaya diatas 10jt ? Atau itu hanya pungli ? Terimakasih

    BalasHapus
  65. Mas saya mau tanya. Saya sekolah di SMK negeri jurusan elektro, dan saya merasa ini bukan minat saya. Dan saya ingin pindah ke SMA negri juga. Apakah bisa dari smkn ke sman?

    BalasHapus
  66. Mas saya mau tanya nih saya skrang sklh smk swasta rencana saya semester 2 saya mw pindah ke dklh smk swasta juga tetapi berbeda jurusan apakah itu bisa ......

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum pak
    saya mau bertanya saya kelas 10 sekolah di SMK Wikrama 1 Jepara mengambil jurusan RPL
    saya ingin pindah sekolah pak di SMK N 4 Kendal
    apakah sekolah swasta pindah ke Negeri itu bisa dengan mudah?
    saya pindah awal semester II dengan jurusan RPL yang sama juga
    apakah nantinya saya akan menunggu tahun ajaran berikutnya?
    tolong bantu saya karna saya ingin kembali ke orang tua saya di kendal

    BalasHapus
  68. Saya ingin pindah sekolah pak
    lingkungan di jepara yang kurang kondusif membuat saya terganggu dalam proses belajar
    peringkat saya menurun, nilai saya berantakan
    membuat saya frustasi dan mudah emosi dalam peralihan masalah ini
    saya ingin pindah sekolah, pulang ke rumah kendal tinggal bersama orang tua
    saya di jepara tinggal sendiri di asrama
    saya masih membutuhkan perlindungan orang tua
    sebenarnya saya ga ingin pindah karna kasihan biaya orang tua
    saya ingin pindah sekolah dengan bea siswa sertifikat yang pernah saya raih apakah itu bisa?
    agar mengurangi beban orang tua?
    karna sudah bosan, tidak nyama, dan tak punya semangat belajar karna nilai kekacauan
    disini saya tak punya siapa-siapa untuk menuangkan masalah dan pencurhatan
    karna orang di Jepara dan di Kendal berbeda, bismillah saya akan bisa lebih baik kalau saya pindah sekolah aminn
    tolong balas komentar saya

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.