Jadwal Pelajaran Per-Tema Kurikulum 2013 Kelas 4 SD

Jadwal Pembelajaran per tema Kelas 4 SD Kurikulum 2013 ini adalah hasil daur ulang saya dari file yang diberikan dalam pelatihan. Sebelumnya, mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah telah memberlakukan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Hal ini tertuang pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, yang menyatakan bahwa Kurikulum 2013 dilakukan secara bertahap.
Untuk tingkat sekolah dasar, implementasi Kurikulum 2013 ini sudah mulai dilaksanakan pada 2013/2014 yang lalu, khususnya untuk kelas 1 dan kelas 4 SD. Sedangkan untuk tahun pelajaran 2014/2015, implementasi kurikulum ini diperluas mencakup kelas 1, kelas 2, kelas 4, dan kelas 5 SD, untuk kelas 3 dan kelas 6 SD masih menggunakan Kurikulum KTSP.
Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum 2013
Untuk mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum 2013, pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) guru yang mengampu kelas sasaran kurikulum 2013 ini. Saya sendiri yang tercatat sebagai guru kelas 4 sekolah dasar mendapat bagian mengikuti DIKLAT kurikulum 2013 pada bulan Juni yang lalu. Dengan mengikuti DIKLAT, saya bisa sedikit banyak mengenal esensi dari kurikulum ini, meskipun penyampaian materi dan praktek terasa kurang maksimal dikarenakan waktu pelatihan yang sangat terbatas.
Salah satu poin yang saya ingat dari pelatihan adalah berbedanya jadwal pelajaran yang digunakan Kurikulum 2013 dengan jadwal pelajaran Kurikulum KTSP. Kalau pada Kurikulum KTSP, jadwal pelajaran hanya dibuat sekali saja pada awal tahun pelajaran untuk digunakan selama setahun/semester, tetapi berbeda dengan Kurikulum 2013, dalam Kurikulum 2013 guru diharuskan membuat jadwal pelajaran per minggu/subtema. Intinya, pada Kurikulum 2013 jadwal pelajaran setiap minggunya berbeda. Ini disebabkan karena pembelajaran Kurikulum 2013 menganut sistem per tema (tematik), yang menyebabkan jadwal pembelajaran menjadi berubah-ubah disesuaikan dengan tema yang sedang dipelajari.

Langsung saja, berikut ini link download jadwal pelajaran kelas 4 SD Kurikulum 2013 yang saya buat dan saya terapkan di kelas saya.


Terlepas dari berbagai keluhan dan permasalahan yang muncul dalam penerapannya di lapangan, sudah selayaknya kita sebagai orangtua maupun guru ikut memahami, mengerti, menjalankan, memberi masukan, dan mengawasi program-program yang digagas oleh Pemerintah, salah satunya adalah Kurikulum 2013.
Salam Guru Pantura.



23 Komentar pada "Jadwal Pelajaran Per-Tema Kurikulum 2013 Kelas 4 SD"

  1. Selamat pagi Pak Wahab. lengkap sekali jadwal pelajan kelas 4 nya Pak
    Semoga bermanfaat buat Murid Bapak yg belum mengetahui jadwal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya agak terlambat saya memosting artikel jadwal pelajaran ini pak, karena kegiatan belajar mengajar sudah memasuki pertengahan semester. hehe

      Hapus
    2. lebih baik telat atau tidak sama sekali mas.hehehe

      Hapus
    3. saya lebih milih telat saja pak, daripada tidak sama sekali :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Lumayan banyak pak, kurikulum baru membuat guru yang tinggal di daerah kebingungan.

      Hapus
  3. diklatnya udah dilaksanakan ya pak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah buk, sekitar bulan juni yang lalu oleh LPMP Jawa Barat.

      Hapus
  4. Harapannya setiap perubahan kurikulum bisa membuat dunia pendidikan kita lebih baik dan maju kedepannya ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali buk, harapan yang jangan sampai redup ditelan peliknya memahami kurikulum yang baru.

      Hapus
  5. Kurikulum 2013 tentu membuat jadwal pelajaran untuk kelas 4 iniakan semakin mantap dong.
    sip pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwal yang sedikit membingungkan bagi peserta didik pak :D

      Hapus
  6. wah lengkap baget pak guru jadwal pelajarannya, semoga lancar nih kegiatan belajar mengajar nya :)

    ikutan lomba yuk di blog dicuekin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih buk.
      Siap, Insya Allah :)

      Hapus
  7. bang saya mau nanya masalah kurikulum 2013, yang dimaksud dengan pemaksimalan karakter dalam pelajaran itu apa ya? karena kemarin ada beberapa masalah dalam isian PR adik saya, dan ini juga sempat diributkan di internet. mohon pencerahannya. makasih atas info yang bermanfaat. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya di bengkel blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang dimaksud pemaksimalan karakter dalam kurikulum 2013 adalah penekanan dan penambahan porsi nilai-nilai sikap (religius dan sosial) dalam kegiatan belajar mengajar, di samping pembelajaran pengetahuan dan ketrampilan.
      Dan perlu diingat juga pak, bahwa materi pembelajaran pada tiap-tiap jenjang kelas ataupun tingkat pasti berbeda, jadi permasalahan yang muncul (semisal PR) tidak bisa disama ratakan.

      Hapus
  8. Kelas lain jika ada Posting ya gan, saya save boolmark neh blog...keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh nanti saya posting menyusul pak.
      Terima kasih.

      Hapus
  9. tema 1 dan 2 apa hanya sampai sub tema 3, bukannya 4?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai dengan saat ini materi dan substansi Kurikulum 2013 masih terus dikembangkan, jadi tidak menutup kemungkinan jumlah subtema maupun tema akan terus berubah ke depannya, jadi kita tinggal menyesuaikan jadwal pelajarannya dengan aturan kurikulum 2013 yang baru.

      Hapus
  10. Masih ada sekolah yg menggunakan KTSP, sedang sekolah anak saya sudah Kur 2013..padahal sama2 kelas 4 SD, .kok bisa tidak sama? ...mengapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai dengan edaran Mendikbud, maka untuk sementara implementasi kurikulum 2013 dimoratorium pada sekolah-sekolah yang baru melaksanakan kurikulum 2013 selama 1 semester.
      Hal ini untuk mempersiapkan dan mematangkan lagi konsep dan isi kurikulum 2013.
      Terkait dengan hal tersebut, terdapat beberapa sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah/terdampak untuk tetap menggunakan kurikulum 2013 sebagai sekolah contoh.
      Mungkin sekolah tempat anak Ibu bersekolah adalah salah satu sekolah yang beruntung ditunjuk pemerintah untuk menerapkan kurikulum 2013.

      Hapus
  11. KURTILAS KURIKULUM TIDAK JELAS

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.