Pengertian Metode/Model Pembelajaran Role Play

Sebagai seorang pendidik atau orang tua, kita wajib mengenal, memahami, dan mengembangkan berbagai macam metode ataupun model pembelajaran yang sudah ada untuk diterapkan sesuai dengan kondisi kelas dan materi pelajaran yang sedang kita ajarkan. Terdapat puluhan metode dan model pembelajaran yang dapat kita pilih dan sesuaikan sesuai kebutuhan kelas.
Salah satu metode inovatif yang dapat dicoba untuk diterapkan adalah Metode Pembelajaran Role Play (Bermain Peran). Sebelum mempelajari lebih jauh tentang langkah-langkah pembelajaran Metode Role Play, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu pengertian/makna dari Metode Pembelajaran Role Play dari beberapa sumber. Berikut ini adalah pengertian Metode Pembelajaran Role Play beserta Daftar Pustakanya yang sudah saya rangkum dari tugas akhir seorang teman.

  • Suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial. Sudjana, N.(2009). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

  • Metode Role playing merupakan bagian dari metode pembelajaran sejarah, peristiwa-peristiwa aktual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa depan. Sanjaya W. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

  • Suatu aktivitas pembelajaran yang terencana yang dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang spesifik. Zaini H., Munthe B., & Aryani A. S. (2004). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development.

  • Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam bentuk drama yang diharapkan dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, dan mencapai tujuan pembelajaran.Yuliana, Ana. (2012). Implementasi Metode Role Play Dalam Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Posisi Bulan Dan Kenampakan Bumi Dari Hari Ke Hari di Kelas IV SD Negeri Bringin 01 Tahun Pelajaran 2011/2012. (Salatiga: Skripsi, UKSW).


Semoga artikel singkat tentang pengertian Metode/Model Pembelajaran Role Play ini dapat membantu kawan-kawan guru/pendidik untuk lebih mengenal metode ini. Selain itu, semoga juga dapat membantu kawan-kawan mahasiswa yang sedang mencari referensi tentang pengertian Metode Pembelajaran Role Playing.

Salam Guru Pantura.



14 Komentar pada "Pengertian Metode/Model Pembelajaran Role Play"

  1. nyimak aja bos, ini bukan bagian saya, hehehe...

    BalasHapus
  2. wah, kalau para guru pasti tahu ini :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, begitulah dunia pendidikan

      Hapus
  3. artikel role play ini bisa juga di terapkan saat mengadakan pelatihan pada lembaga2 kursus yg ada....keep happy blogging always..salam dari Makassar ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali pak, salam juga dari Bogor

      Hapus
  4. Yang jelas semua metode pembelajaran harus di terapkan satu persatu dah nanti kita pilih yang paling anak sukai metode yang mana.. Bukan begitu mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali pak, dan jangan lupa juga agar penggunaan metode disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari oleh anak.

      Hapus
  5. Kalo aku taunya role player Bang, yah semacam jadi teladan gitu bagi orang laen.. :D Ternyata ini metode pembelajaran toh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, role player ya,
      iya buk "role playing" adalah nama metode pembelajaran

      Hapus
  6. ilmu dan wawasan baru nih mas
    terima kasih share nya :)

    BalasHapus
  7. baru tau sy ada metode pembelajan dengan model ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, berarti sekarang sudah tahu kan buk. hehe

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.