Sejarah Singkat SDN Menteng, Sukamakmur, Bogor

SDN Menteng merupakan salah satu sekolah dasar negeri di Kab. Bogor. Dulunya sekolah ini termasuk ke dalam wilayah Kec. Jonggol, tetapi pada tahun 1999 terjadi pemekaran kecamatan yang membuat sekolah ini berpindah ke dalam wilayah administrasi Kec. Sukamakmur.

SDN Menteng Sukamakmur Bogor (Guru Pantura)

Sekolah ini berdiri pada tahun 1963 di area Perusahaan Perkebunan Negara (PPN) atau sekarang kita mengenalnya sebagai PT. Perkebunan Nusantara (PTPN VIII), sebagai salah satu cabang usaha BUMN di bidang perkebunan. Nama  “Menteng”  sendiri diambil dari nama perusahaan perkebunan dimana sekolah ini berdiri yaitu PPN Menteng.
Awal mula berdiri, sekolah ini ditujukan sebagai salah satu sarana pendidikan untuk memfasilitasi anak-anak para pegawai perkebunan. Seiring berjalannya waktu, SDN Menteng kini terbuka untuk melayani pendidikan masyarakat umum, khususnya masyarakat Desa Sukaresmi dan Sukadamai di Kec. Sukamakmur.
Guru-SDN-Menteng-Bogor
(Klik gambar untuk memperbesar)

SDN Menteng memiliki 6 ruang kelas, 1 ruangan guru, 1 ruangan kepala sekolah, 1 bangunan perpustakaan, 1 musholla, 1 ruang penjaga sekolah, 1 toilet guru, dan 1 toilet siswa.
Ruang-Guru-SDN-Menteng-Bogor
Ruang Guru SDN Menteng


Selama 52 tahun sekolah ini berdiri telah mengalami enam kali pergantian jabatan atau kepemimpinan kepala sekolah. Berikut adalah nama-nama kepala sekolah yang pernah menjabat di SDN Menteng dari tahun 1963 sampai 2015 :
1.      Onca Suantawijaya
2.      Iding Isma
3.      Uhat Suhatma
4.      Titing Surjati
5.      Dana Supriatna
6.      Sutanta

Sejarah SDN Menteng Sukamakmur di PTPN (Guru Pantura)

Sedangkan untuk tenaga pendidik/guru yang pernah mengajar di SDN Menteng juga sudah mengalami berkali-kali pergantian, baik karena pensiun atau mutasi kerja. Untuk tahun 2012-2015, formasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di SDN Menteng berjumlah 12 orang, terdiri dari:
1.      Sutanta, S.Pd., selaku Kepala Sekolah
2.      Lia Yulia Saparti, S.Pd.
3.      D.Miharja, A.Ma.Pd.
4.      Abdul Wahab, S.Pd.  (Saya Sendiri)
5.      Siti Maemunah, S.Pd.
6.      Riska Rahayu, S.Pd.
7.      Mica Khoerunizar
8.      Abdul Parij Noor, S.Pd.I
9.      Abad Badrudin
10.   Qodratilah Sahar, S.Pd.
11.   Indri Larasati Pramudya
12.   Anita Purwanti, SE., S.Pd.

SDN-Menteng-Sukamakmur
Ruang Kepala Sekolah

Profil Lengkap SDN Menteng terdapat pada tabel di bawah ini.

INFORMASI SEKOLAH
Sekolah
SDN MENTENG
Status
Negeri
NPSN
20200328
NSS
101020209006
Akreditasi
B
Email Sekolah
sdnmenteng@gmail.com
Alamat
Kp. Cikupa
Desa
Sukaresmi
Kecamatan
Sukamakmur
Kabupaten
Bogor
Provinsi
Jawa Barat
Kode Pos
16830

Peta SDN Menteng (Guru Pantura)
Klik  gambar untuk memperbesar.

Saya pribadi merasa sangat bangga bisa menjadi salah satu pendidik dan menyaksikan secara langsung perkembangan serta kemajuan yang dicapai oleh sekolah ini, termasuk hasil Kerajinan Tangan Siswa-Siswi SDN Menteng.
Semoga artikel sederhana ini bisa memberi sedikit gambaran mengenai sejarah  SDN Menteng, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.
Salam  Guru Pantura.



34 Komentar pada "Sejarah Singkat SDN Menteng, Sukamakmur, Bogor"

  1. Selamat malam Pak Wahab. menarik sejarahnya SDN Menteng sukamakmur
    Itu yah Pak? saya jadi tau banyak deh sejarahnya dari artikel ini, makasih Pak Wahab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam,
      Menuliskan sejarah yang terjadi di masa lampau, supaya generasi yang hidup di masa sekarang dan masa depan bisa ikut membacanya pak :)

      Hapus
  2. sejarah sdn menteng suka makmur nya sangat menrik mas salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga,
      Akan lebih menarik lagi jika yang membaca artikelnya adalah alumnus sekolah dasar ini pak :)

      Hapus
    2. jika allah menhendaki saya kan mengunjugi nya pak semoga sekolahan ini menjadi yang terdepan

      Hapus
  3. Wah lama banget sekolahannya
    Pasti sudah banyak muridnya
    Yang sukses menggapai cita-cita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semua alumnusnya menjadi orang yang selalu berusaha dan bekerja keras :)

      Hapus
  4. usul ke Kepseknya saja... gimana kalo dibikinkan website sekolahnya. pak guru yang jadi adminnya.
    lumayan dapet tambahan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usulnya siap disampaikan pada saat rapat sekolah kang.. :D

      Hapus
  5. berdiri pada tahun 1963, berarti sudah lama banget ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pak, sekolahnya sudah berusia sekitar 51 tahun.

      Hapus
  6. Waah berdirinya udah lama banget ya. Pasti sekolahan favorit nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sarana dan fasilitas pendidikan, SD Menteng memang tergolong lengkap dibandingkan SD lain dalam satu gugus pak :)

      Hapus
  7. Lama juga ya mas..tapi hebat ya masih bisa dijalankan sampai sekarang meski banyak prubahan dari guru maupun ajaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertahan dari berubahnya zaman demi nilai pendidikan buk :)

      Hapus
  8. Wah 1963. Sudah lama banget donk mas sekolah ini berdiri. Pasti dah mencetak banyak prestasi nih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Sebagian murid yang dulu belajar di sekolah ini, sekarang malah sudah menjadi guru di sini pak.

      Hapus
  9. Semoga sekolahnya makin maju pak dengan adanya school branding yang dituangkan dalam tulisan ini.

    Semangat mengajar pak demi amal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.
      School branding melalui blog lumayan ampuh untuk mencatatkan nama sebuah sekolah di SERP google pak :)

      Hapus
  10. ini benar2 sekolah legendaris ya pak krn sdh 50 tahun mencerdaskan anak bangsa :)
    makasih telah berbagi info pendidikan yg sangat bermanfaat :)

    di bogor pasti banyak tallas ya pak, dan udaranya dingin, hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legends school ya buk :D
      Talas memang oleh-oleh khas dari sini buk, kalau masalah dingin tidaknya udara tergantung wilayahnya buk.

      Hapus
  11. Asyik nih, berbicara sejarah sekolah dasar dihiasi dengan foto-foto hitam putih membuat kenangan tersendiri saat membacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengajak imajinasi pembaca ke "jaman baheula" ya pak.

      Hapus
  12. Oh...
    mengabdi di SD ini ya Pak. keren banget ya, guru masih sempet nulis artikel kek gini. kepala sekolahnya seneng banget nih, tulisannya mempromosikan SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, lumayan untuk mengisi waktu senggang sepulang dari sekolah untuk menulis artikel pak.
      Kepenginnya sih mengajarnya di Jawa Tengah saja :D

      Hapus
  13. mantap gan (y) Keep posting!
    Kumpulan Cerita Dewasa Terbaru

    BalasHapus
  14. Sepertinya SDN daerah Sukamakmur ini pernah saya lewati deh, wah kalau tahu gitu saya mampir ya.... he,, he,, he,,,


    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waoow.. mau pergi kemana pak kok sampai nyasar lewat SD ini ? :D

      Hapus
  15. bagus artikelnya, lam kenal mas :D

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. Nanti nyusul pak, tapi mending jadi tukang ambil foto aja pak :D

      Hapus
  17. kangen juga dengan SDN Menteng, walau cuma bersekolah di SDN Menteng hanya 4tahun tp cukup berkesan... kepala sekolahnya ibu titing surjati,, kemana beliau sekarang ya....??? semoga SDN Menteng tambah maju ya.. kangen cikupa deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angkatan berapa mas? Ayo main-main saja ke Cikupa, sekalian mampir di SDN Menteng :)
      Ibu Titing sekarang tinggal di Sumedang bersama keluarganya.

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.