Kerajinan Tangan untuk Anak Kelas 4, 5, 6 SD

Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan atau biasa di singkat SBK, merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dinanti oleh siswa sekolah dasar setiap minggunya, termasuk oleh siswa-siswi saya. Dikarenakan lewat mata pelajaran SBK inilah mereka dapat melepas dan mengekspresikan imajinasi, sekaligus mengasah bakat/keterampilan yang dimiliki.

Salah satu keterampilan yang dapat diajarkan kepada siswa SD kelas tinggi (kelas 4, 5, 6 SD) adalah membuat kerajinan tangan tiga dimensi dari media sabun mandi atau sabun cuci batangan. Kita sebagai Orangtua maupun Guru juga berkewajiban mempelajari bagaimana CARA MENJELASKAN PENGARUH GLOBALISASI PADA ANAK.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan ini pun tergolong sangat mudah didapatkan, yaitu : Sabun batangan, Cutter/Pisau Plastik, Sebatang Lidi.

Langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah menentukan tema apa yang akan dibuat. Penentuan tema ini dilakukan jika seorang guru berniat melakukan penilaian terhadap hasil karya siswa, ini dimaksudkan supaya penilaian tetap fokus pada satu indikator tema tertentu. Seperti di kelas saya, siswa saya wajibkan untuk membuat kerajinan tiga dimensi dengan tema ikan. Tetapi seperti apa pola ikan yang akan dibuat, saya bebaskan siswa untuk memilih pola ikannya sendiri-sendiri.


Kerajinan tangan anak SD (Guru Pantura)

 
Langkah kedua adalah memberikan contoh kepada siswa bagaimana cara membuat pola ikan pada sabun menggunakan lidi. Setelah pola terbentuk, langkah ketiga adalah mengikis atau membuang sedikit demi sedikit bagian sabun yang ada di luar pola ikan menggunakan cutter. Untuk siswa SD, saya sarankan menggunakan pisau plastik saja, selain lebih aman juga minim resiko terluka jika dibandingkan dengan menggunakan cutter. Langkah ketiga ini bertujuan untuk mengasah motorik halus anak. Siswa dengan penuh kehati-hatian dan kesabaran mengikis sabun sedikit demi sedikit menjadi bentuk seperti pola ikan yang telah di buat.


kerajinan tangan anak SD menteng, sukamakmur (Guru Pantura)

Selanjutnya, langkah keempat adalah proses mengukir (mata ikan, sisik ikan) pada bentuk ikan yang sudah jadi menggunakan lidi. Proses mengukir di sini berhubungan dengan daya imajinasi anak dalam menuangkan khayalan/pengalamannya tentang seperti apa bentuk mata dan sisik seekor ikan. Jadi dapat dipastikan bentuk ukiran sisik dan mata ikan pada karya setiap anak berbeda satu dan lainnya.


kerajinan tiga dimensi untuk anak SD (Guru Pantura)

Setelah langkah pertama sampai langkah terakhir terlampaui, inilah saatnya melihat hasil kerajinan tangan siswa-siswi saya dalam membuat ikan tiga dimensi dari sabun batangan.

kerajinan tiga dimensi untuk anak SD (Guru Pantura)
kerajinan tangan Guru Pantura

Semoga artikel Kerajinan Tangan untuk Anak Sekolah Dasar di atas dapat memberi semangat bagi kawan-kawan untuk tetap berkarya.



22 Komentar pada "Kerajinan Tangan untuk Anak Kelas 4, 5, 6 SD"

  1. jamanku kelas 5 SD prakarya dulu sudah bikin tempat sampah dari kayu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat ya kang, bisa membuat sebuah prakarya yang usefull seperti tempat sampah.

      Hapus
  2. Salam kenal Mas Wahab, sebelumnya, kunjungan perdana
    Simak artikelnya, wah jadi keingetan waktu saya masih duduk di bangku SD Mas
    Kerajinan tangan Anak sekolah SD, Bisa mengasah akiu dan imazinasi yah Mas
    Sangat mendidik dan membimbing artikelnya Mas. oh ya kalau ndak keberatan
    Saling Follow blognya yah Mas Wahab? agar blogwalking makin nyaman
    Dan saya sudah follow blog Mas dengan succesful. makasih sebelumnya
    Salam santun dari saya Karrysta - Subang Pantura

    BalasHapus
  3. Waduh maafkan saya jika salah Panggil nama dan Gelar Mas Wahab.
    Kalau ndak salah Mas ini seorang Guru yah. seharusnya saya panggil
    Bapak Wahab saja. rasanya saya lebih Menghargai Bapak. maafkan saya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu panggil "pak" karena saya masih muda panggil "mas" saja. Sebaliknya karena umur saudara lebih tua dari saya sudah sepantasnya saya yang memanggil "pak". hehe
      Salam kenal pak, siap selalu untuk silaturahim ke Karrysta Entertainment :)

      Hapus
  4. tangan2 kreatif...pak..!,, disamping mengajarkan ttg kesabaran..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melatih kesabaran anak dengan hal yang menyenangkan pak :)

      Hapus
  5. Subhanallah anak-anak hebat sudah barang tentu andil dari orang2 hebat, salah satunya guru hebat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga apa yang ada pada diri kita bisa menjadi berkah untuk orang lain pak :)

      Hapus
  6. Memang benar kerajinan tangan bisa mengasah kemampuan otak anak sekaligus melatih kesabaran serta mengetahui bakat dan minat anak. Sangat bagus Pak artikelnya semoga bermanfaat dan sukses selalu buat Anda

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa menjadi referensi pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak di rumah pak.

      Hapus
  7. Mantap juga, waktu saya SDpun kayak gitu kerajinan tangannya. Buat kapat lebih mudah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu kerajinan yang wajib dicoba oleh anak lintas generasi pak :)

      Hapus
  8. Senang melihat ketrampilan seni dan budaya serta tradisi bila terus dapat di lestarikan dalam dunia pendidikan di setiap genarasi bangsa, hal ini agar Indonesia tidak kehilangan identitas jati diri bangsanya suatu hari kelak ya Pak. :D


    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang saat ini Indonesia sedang mengalami yang namanya krisis moralitas dan pudarnya "budaya ketimurannya", mungkin salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan penanaman wawasan kebangsaan sedini mungkin melalui peran sekolah.

      Hapus
  9. Seharusnya pendidikan ketrampilan dengan membuat kerajinan tangan ditambah jam belajarnya sehingga mendidik anak timbul jiwa kreatif dalam menciptakan sesuatu. Sukses selalu untuk pak Wahab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya memang seperti itu pak.
      Usia anak sekolah dasar adalah usia bermain yang bisa disisipi pendidikan ketrampilan (salah satunya dengan membuat kerajinan), sehingga sejak dini anak sudah mulai tumbuh jiwa kreatifnya di masing-masing bidang.

      Hapus
  10. saya termasuk orang yang kurang kreatif membuat sesuatu jadi waktu sekolah disuruh buat ginian ya jadinya apa adanya saja eh malahan sangat buruk menurut saya, mungkin gurunya kasian jadi dikasih 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang/anak punya sisi kretifitas yang unik dan berbeda anak satu dengan anak yang lainnya Pak, mungkin Bapak punya nilai kreatif di bidang yang lain.
      Sama seperti perumpamaan " Orang kreatif/pintar tidak pernah tahu kalau dirinya itu kreatif/pintar". Orang lain lah yang yang memberikan label "kreatif/pintar".

      Hapus
  11. hab..nomor sing bisa di hubungi mana????? kata daniel sih kemaren kamu ikutan gabung di pay per clik ya?? ajarin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Buk, udah sekitar 5 bulan gabung ppc lokal.
      Hasilnya lumayan lah.
      Nomerku iseh ajek lawas Buk.

      Hapus
  12. KALAU SAYA BOLEH MINTAK TOLONG YA KASIH SAYA RPP SILABUS PELAJARAN SBK KELAS 1 - 6. BISA KAH.KALAU BISA HUBUNGI SAYA YA 082233498792 PENTING SEKALI

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.