Masa Berlaku / Kadaluarsa Legalisir Ijazah

Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dan Legalisir merupakan dua hal yang sulit dipisahkan, baik itu ijazah yang kita peroleh dari kursus ataupun ijazah yang kita dapat dari pendidikan formal (SD, SMP, SMA, Universitas/Perguruan Tinggi). Seringkali dalam pengurusan administrasi untuk melamar pekerjaan atau juga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mensyaratkan untuk melampirkan fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir.
Legalisir di sini diartikan sebagai pelegalan/pengesahan oleh pejabat berwenang yang menyatakan bahwa salinan fotocopy tersebut sesuai dengan aslinya. Untuk aturan terbaru mengenai legalisir ijazah telah diatur di dalam Permendikbud Nomor 29 Tahun 2014. Dan untuk mengetahui pejabat yang berwenang mengesahkan ijazah sudah diatur di dalam Keputusan Kepala BKN No.11 Tahun 2002.*Download di sini.

Seringkali kita bertanya apakah legalisir ijazah kita mempunyai masa berlaku/kadaluarsa?



Jawabannya adalah Legalisir Ijazah tidak memiliki batasan waktu masa berlaku.



Ijazah bersifat permanen (kecuali ada pencopotan gelar dan Ijazah yang dimiliki dalam kasus hukum tertentu), berbeda dengan SKCK yang dikeluarkan Kepolisian atau Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang bersifat fluktuatif, artinya hari ini kita sehat besok bisa sakit, hari ini kita berkelakuan baik besok bisa tidak.
Sampai saat ini belum ada Undang-Undang atau Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang masa berlaku/kadaluarsa Legalisir Ijazah. Tanggal dan Tahun yang biasanya tercantum pada legalisir berfungsi untuk rekam dan kontrol data yang dimiliki pihak Sekolah/Universitas.

Masa Berlaku Legalisir Ijazah Guru Pantura

Tetapi pada kasus tertentu, ada beberapa Perusahaan/PEMDA yang membuat aturan khusus pada seleksi penerimaan pegawai baru dengan mensyaratkan Legalisir Ijazah terbaru dalam kurun waktu tertentu, misal: Legalisir 6 bulan terakhir, 1 tahun terakhir, dst. Persyaratan batas waktu legalisir tersebut merupakan wewenang khusus pihak instansi/perusahaan/sekolah tempat anda mendaftar.
 
Baca juga : Cara Mendaftar dan Membuat NPWP

Semoga informasi tentang Masa Berlaku Legalisir Ijazah di atas bisa bermanfaat.
Salam Guru Pantura.



43 Komentar pada "Masa Berlaku / Kadaluarsa Legalisir Ijazah"

  1. Sangat membantu Pak,
    saya pikir ada masa berlakunya,
    ternyata yang ditetapkan masa waktu legalisir itu wewenang khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut berbagai referensi yang saya baca, ternyata memang legalisir ijazah tidak ada masa berlakunya pak.

      Hapus
  2. Baru paham ternyata ijazah legalisirnya tak berbatas waktu,
    kecuali atas permintaan khusus,
    terima kasih sharingnya Pak.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama buk...
      Iya, kecuali jika ada permintaan sebagai persyaratan khusus

      Hapus
  3. wah..harus diperpanjang kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legalisir ijazah seyogyanya tidak perlu diperpanjang buk karena tidak memiliki batas masa berlaku, kecuali jika disyaratkan khusus untuk menggunakan legalisir ijazah terbaru.

      Hapus
  4. o ternyata gitu ya,baru tau juga nih mas,sangat bagus infonya.terimakasih udah berbagi

    BalasHapus
  5. ternyata ada batasan waktu nya ya mas legalisir itu. Saya kira untuk selama nya hehehe :D
    thanks ya atas share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legalisir ijazah TIDAK ADA BATASAN WAKTU buk. :)

      Hapus
  6. iya sih, tapi saya sering juga legalisir ijazah. di kampus saya dulu cuma di batesin 5, mahal pula bayarnya. kalo cuma 5 langsung abis buat daftar sana-sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang prosedur legalisir ijazah di perguruan tinggi berbeda dengan pendidikan dasar ataupun menengah yang Gratisssss ya pak :)
      Siapkan selalu stock legalisir ijazahnya untuk cadangan berkas pak.

      Hapus
  7. Wah repot juga kalo yang sekolahnya pindah2 antar provinsi, seperti yang di alami kawan saya. SD di Kalimantan SMP di Sulawesi SMA di Papua kuliah di yogya kerja Sumatera... sedangkan dia waktu itu diberi limit 3 hari....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah yang namanya peraturan pak.
      Tetapi sekarang untuk legalisir ijazah kuliah sebagian perguruan tinggi sudah menyediakan layanan legalisir jarak jauh dengan mengirimkan fotocopy ijazah melalui pos, sehingga memudahkan para alumni yang berada di luar kota.

      Hapus
  8. Mohon share nya pak,,,kl sekolah/perguruan tingginya sudah bubar gimana ya,,mau legalisirnya kemana sebaiknya....mksh sblm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 59 Tahun 2008, disebutkan apabila satuan pendidikan yang mengeluarkan ijazah/STTB sudah tidak beroperasi atau ditutup, pengesahan fotokopi ijazah/STTB dilakukan oleh kepala dinas yang membidangi pendidikan di kabupaten/kota yang bersangkutan.

      Hapus
    2. sekarang menggunakan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomer 11 tahun 2014.

      Hapus
    3. Terima kasih untuk tambahannya :)

      Hapus
  9. info yg sangat membantu, sukses trus pak.

    BalasHapus
  10. kalau untuk badan akreditasi perguruan tinggi negeri masa berlakunya bgn y pak?saya pernah buat thn 2008,apakah masih bisa dipakai sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya masih bisa digunakan buk, karena seperti yang sudah saya tulis di atas, samapai saat ini belum ada undang-undang yang mengatur secara rinci mengenai masa berlaku dari legalisir ijazah.
      Jikalau untuk melamar kerja, sebagian perusahaan terkadang mensyaratkan untuk melampirkan legalisir ijazah terbaru.

      Hapus
  11. Kalau mau legalisir harus ke perguruan tinggi atau ke kopertis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk legalisir ijazah dan transkrip nilai, cukup ke perguruan tinggi pak :)

      Hapus
  12. Legalisir ijasah SD, SMP, SMU yg berbeda provinsi dngn pemohon saat ini berdonisili untuk cpns, apa harus disahkan ke sekolah asal mengingat jauhnya jarak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legalisir ijazah harus dilakukan di sekolah asal jika sekolah asal tersebut masih ada dan aktif pak :)

      Hapus
    2. Permendikbud 29 tahun 2014 pasal 2 ayat 6 mengatakan legalisir ijasah yg asal sekolah beda kab/kota dng domisili pemohon dpt dsyahkn oleh kepala dinas pendidikn di kab/kota sesuai domisili pemohon. Bgmana terkait hal tsb bapak? Mhon tanggapanny, trima ksh.

      Hapus
    3. Ohh, ternyata sudah terdapat peraturan baru pengganti Permendiknas No.59 Tahun 2008 ya.
      Alhamdulillah, berarti Permendikbud No.29 tahun 2014 saat ini semakin memudahkan bagi yang berkepentingan ingin melegalisir ijazah pendidikan dasar dan menengahnya bagi yang sudah pindah domisili.
      Terima kasih informasinya pak.
      Salam.

      Hapus
    4. Iya.. sama-sama bpk Abdul, smga sukses.

      Hapus
  13. pak, teman saya waktu SD sekolahnya di Malaysia. dimana dia harus legalisir dan ketentuannya bagimana yah? mohon bantuannya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legalisir ijazahnya bisa mengacu pada Permendikbud No. 29 Tahun 2014.

      "Pengesahan fotokopi ijazah/STTB yang diperoleh dari Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) bagi pemohon yang tidak lagi berdomisili di tempat sekolah asal dilakukan oleh Direktur Jenderal terkait atau Kepala Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota yang membidangi pendidikan tempat pemohon berdomisili." ( Bab II, Pasal 2, ayat 9 ).

      "Pengesahan fotokopi surat keterangan penyetaraan ijazah/sertifikat/diploma yang diperoleh dari sekolah negara lain dilakukan oleh Direktur Jenderal terkait atau Kepala Dinas Provinsi yang membidangi pendidikan atau Kepala
      Dinas Kabupaten/Kota yang membidangi pendidikan di tempat pemohon berdomisili." ( Bab II, Pasal 3, ayat 2 ).

      Hapus
  14. mohon dijelaskan posisi legalisir di sebelah mana, apakah harus di kanan atas ? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yang saya tahu, sampai saat ini belum ada aturan yang mengatur secara khusus letak stempel dan tanda tangan pengesahan legalisir pada ijazah.

      Hapus
  15. kalo legalisiran akte lahir,ktp,sama kk bisa bertahan berapa lama gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legalisir akte lahir, KTP, maupun Kartu Keluarga (KK) dapat berlaku selama data yang terdapat di salinan legalisir tersebut sesuai dengan data valid pada dokumen aslinya.
      Jika terdapat perubahan data pada dokumen aslinya (KTP, Akte, KK) maka segera perbarui juga dokumen legalisirannya.

      Hapus
  16. salam,,
    kalo salah satu instansi meminta persyaratan "ijazah dilegalisir oleh kopertis".
    apakah bisa minta legalisir di kopertis. padahal PTS saya masih berdiri tegak.
    bukankah apabila PTSnya masih ada, semua otorisasi telah diberikan pada PTS masing?
    kalau seperti itu saya musti gimana? dr instansi minta legalisiran dr kopertis. pdhal kopertis tidak mau mengeluarkan legalisir bila PTSnya masih ada.
    mohon pencerahanya. trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang saya ketahui sampai saat ini, Jika PTS masih aktif maka wewenang legalisir seharusnya sudah cukup sampai di Perguruan Tinggi Swasta yang bersangkutan.
      Tetapi kembali lagi kepada permintaan persyaratan yang harus dipenuhi, memang beberapa instansi/perusahaan yang terkadang mensyaratkan legalisir ijazah PTS di kopertis.

      Hapus
  17. Maaf sebelumnya, apakah rulin Stellia may sudah langsung ke kopertis Dan bertanya langsung? Krna memang sbagian perusahaan Ada yg meminta legalisir Dr kopertis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tambahan sarannya Buk,
      Karena ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi, maka sebaiknya kita bisa bertanya dulu (melalui telepon) kepada pihak kopertis.
      Untuk nomor telepon atau hotline semua kopertis sudah tertera pada webnya masing-masing.

      Hapus
  18. kalo memang di peraturan perundangan tidak memiliki batas waktu, tapi di beberapa instansi atau perusahaan meminta batas waktu untuk legalisir, apakah kebijakan tersebut lebih tinggi dari perundangan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah yang saya maksudkan dengan hak prerogatif yang dimiliki oleh instansi perekrut tenaga kerja, seperti Perusahaan/Pemda.
      Tujuan harus menggunakan legalisir ijazah terbaru pun baik kok Mas, yaitu untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi pendidikan (ijazahnya) yang disyaratkan, dan juga untuk meminimalisir praktik kecurangan dengan penggunaan ijazah palsu yang sedang marak terjadi.

      Hapus
  19. Dalam UU No 2 Tahun 2014 Tentang Jabatan Notaris, Pasal 15 Ayat (2) huruf d, menyebutkan bahwa " Notaris berwenang melakukan pengesahan kecocokan fotocopy dengan surat aslinya'. apakah dengan aturan ini boleh kita melegalisir ijasah di Notaris?mohon pencerahannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak bisa,
      Mungkin yang dimaksud "surat" di dalam UU No.2 Tahun 2014 adalah surat tanah/kuasa/surat-surat lainnya, tetapi bukan Ijazah yang didapat dari sekolah formal.

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.