Topi Bundar, Bakso Nomaden Di Salatiga

Mungkin sudah tak terhitung lagi sudah berapa warung dan jenis bakso khas yang sudah pernah saya singgahi dan rasakan di Kota Salatiga, tetapi ada satu bakso yang membuat saya kecanduan hingga saat ini. Bakso Pak topi bundar, begitulah cara saya menyebutnya.
Perpaduan rasa yang pas antara tepung, daging, dan sedikit campuran lemak membuat bakso Pak topi bundar gurih dan agak kenyal. Dengan pelengkap sayur daun sawi dan potongan tahu goreng yang terbilang cukup banyak, ditambah siraman kuah gurih yang masih panas.
Terus alamat warungnya di mana…?
Saya sendiri juga bingung menjawab kalau ditanya tentang alamat warungnya. Soalnya Pak topi bundar ini berjualan dengan cara nomaden *berkeliling mendorong gerobaknya*. Biasanya beliau mulai berangkat dari rumahnya jam 3 sore di daerah Turusan, Salatiga.

Bakso nomaden khas salatiga

Rute yang ditempuh adalah seputar Turusan- Jln.Pattimura- Sumopuro- Domas- Cungkup- Kemiri, terkadang sebelum semua rute tersebut terlewati, dagangan beliau sudah habis duluan. Saya mempunyai trik tersendiri agar bisa berpapasan dengan Pak topi bundar, sekitar jam 4 sore saya cegat nongkrong saja di Jln.Pattimura yang dekat dengan pertigaan Domas. Saya jamin pasti papasan dengan beliau.
Bakso Khas Di Kota Salatiga

Satu hal lagi yang dulu pernah membuat saya terheran-heran, saat pesan baksonya saya malah ditanya Tumbas pinten ewu Mas? Beli berapa ribu rupiah Mas?. Ternyata beliau melayani pesanan request harga dari pembeli. Pernah sekali saya melihat orang yang beli bakso hanya dengan Rp.2000- saja. Sedangkan saya sendiri biasanya beli Rp.5000-, dan coba tebak berapa jumlah baksonya? antara 15 sampai 18 bakso. Mantaaab gak tuh!!.

Beberapa waktu yang lalu saya coba memberanikan diri bertanya kepada beliau,
Nek sade bakso kados ngeten nopo njenengan mboten rugi Pak?” Kalau jualan bakso seperti ini (banyak) apa bapak tidak rugi?”. Dengan santai beliau menjawab “Untunge nggih kedhik sanget mas, sing penting kan ben dinten usahane lancar”.
Dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih “Untungnya ya sangat sedikit sekali mas, tapi yang penting kan usahanya lancar setiap hari”.

Guru Pantura

Memang nikmat rasanya sore-sore makan bakso di pinggir jalan, dan dilihatin banyak orang. Keringetan karena kepedesan yang bikin ngiler semua mata yang memandang. Setelah makan bakso Pak Topi Bundar, tak ada salahnya mencicipi SATE LEMAK/GAJIH KHAS SALATIGA.

Semoga Informasi Bakso Khas Kota Salatiga tadi bermanfaat bagi kawan-kawan.



30 Komentar pada "Topi Bundar, Bakso Nomaden Di Salatiga"

  1. Mantap nih, bakso + si Topi bundar.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah meriah... dan yang pasti Uuenak pak :)

      Hapus
  2. Lihat gambar bikin ngiler mas....,
    18 bunderan bakso? apa ga bodong perut sampeyan... hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. sampai melar perut'e pak :D

      Hapus
  3. Ea beneran sy td bis baru makan..bis liat foto ada baso semangkok jd lapppar lagi..hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baksonya ngalahin obat penambah nafsu makan dong pak, habis makan langsung laper lagi :)

      Hapus
  4. Jadi kepingin makan bakso saya kalau begini ceritanya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingan ini memang terbukti menambah gairah dan nafsu makan, terutama nafsu makan bakso :D

      Hapus
    2. Betul banget gan... Saya pesan dua porsi bakso nya kalau begitu..

      Hapus
    3. Yang berapaan pak? *siapa yang jualan nih :D

      Hapus
  5. Itu bakso-nya bnyk jg ya, sampai satu mangkok penuh. Pasti kenyang bgt tuh.

    O... Iya Mas, link blognya Mas sudah saya pasang diblogku.
    Silahkan di cek saja. Kalau link blogku belum dipasang, tolog dipasang ya Mas :). Tp kalo sudah dipasang, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma kenyang Mas, katanya P.Harun yang komen di atas sampai 'Bodong perute' :D
      Dan, terima kasih juga Mas sudah mau menjalin persaudaraan dan persahabatan dengan saya,

      Hapus
  6. jumlah baksone iku lho... busyeeeeeettttttttttttttt.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah bakso porsi jumbo kang...
      Tapi ngelih ora ngelih biasanya tetep habis juga :D

      Hapus
  7. Waduh-waduh giman nich asyik makan bakso temannya nggak diajak...Pak Guru jangan begitu donk...hayyo kirim dua porsi buat aku dan he,,he,,perut aq, juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jualan bakso beneran kayaknya lariiis manis nih :)

      Hapus
  8. Salam eknal Pak Guru ,ini Tukang marmer,gimana kalau baksonya kita tuker dengan kerajinan marmer..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa, ada-ada saja lah pak :D
      perlu berapa ratus mangkok bakso agar dapat ditukar kerajinan marmernya pak...

      Hapus
  9. wah murah banget sob 5ribu dapat 15 biji pasti kenyang bin nikmat tuh, jadi kepengin nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata semakin banyak yang tergoda "bakso" pak :D

      Hapus
    2. yah kalau harganya murah terus bisa bikin kenyang pasti diserbu pelanggan

      Hapus
    3. Betul itu pak, sebetulnya saya sendiri dulu juga sempat ada niat mau berbagi usaha dengan 'Pak Topi Bundar'... :)

      Hapus
  10. . . ich,, enak nya. bungkus donk buat aq. pengen nich. huhh . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen dari atas semuanya tergiur dengan bakso ini :D

      Hapus
    2. . . so pasti lah. lha bakso nya enak gitu. buruan tanggung jawab,, beli'n 1 mangkok aja dech buat aq. he..86x . .

      Hapus
    3. Waduuuhh, kalau ibuk ke salatiga tak beliin deh :D

      Hapus
  11. sampai melimpah ruah gitu di mangkok? sepertinya lezatt..
    Murah amat ya? 5000 dapet 15-18 bakso? mungkin karena di daerah ya?
    Kalo di Jakarta sini, ada bakso murah dengan porsi segitu , langsung curiga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah enaknya di daerah buk :)
      Kemarin juga pas ke bogor sempet mampir nyicipi bakso, baksonya cuma 5 biji harganya 11ribu...hehehe

      Hapus
  12. pokoknya ...
    "jangan bilang maniak Bakso- kalau belum nyoba bakso Salatiga" ... niru iklan tv .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul banget pak ...
      Di salatiga memang surganya Bakso, segala jenis dan rasa bakso yang Mak Nyuuuuuuuuuss :D

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.