Cara Mengajarkan Makna Globalisasi Pada Anak SD

Untuk artikel ini saya akan mengulas tentang bagaimana langkah/cara yang ditempuh untuk mengajarkan makna globalisasi pada anak/siswa Sekolah Dasar. Di bawah ini adalah uraian salah satu cara menurut pandangan saya pribadi, yang bisa diterapkan oleh orang tua atau guru dalam upaya untuk mengenalkan anak tentang makna dari globalisasi.
Cara saya mengajarkan tentang globalisasi kepada anak kelas 4 SD, pertama-tama adalah dengan menjelaskan arti dasar dari globalisasi itu sendiri kepada anak-anak, dengan disertai contoh nyata yang ada di kehidupan sehari-hari, yang tentunya akan lebih mudah untuk mereka pahami dan mengerti. Misalnya, kita menerangkan kepada mereka, bahwa globalisasi itu merupakan segala sesuatu yang mempunyai sifat global atau sifatnya mendunia, dan juga tidak terpaut oleh batasan wilayah negara, ataupun waktu. Sebagai contoh adalah penggunaan internet dan juga telepon.
Selanjutnya, kita bisa bertanya kepada para siswa, apakah ada tetangga, anggota keluarga, atau mungkin orang tua mereka yang bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Jika ada, pasti kadang kala orang yang bekerja di luar negeri tersebut akan menelpon keluarganya yang ada di Indonesia, dan melalui telepon itulah kita bisa saling berbicara dan mendengar suara mereka yang ada di luar negeri, meskipun keduanya terpisah jarak yang sangat jauh dan juga berbeda dalam hal zona waktu.

Nah, itulah salah satu contoh globalisasi yang umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu penggunaan telepon yang tidak mengenal batasan negara ataupun wilayah.
Untuk contoh lainnya, kita bisa bertanya kepada siswa-siswi yang pergi ke sekolah naik sepeda. Apakah di sepeda mereka tertulis “Made in China”?. Karena pada umumnya, sepeda yang dijual di Indonesia adalah sepeda buatan China. Ini merupakan salah satu contoh lain dari globalisasi yang sangat nyata dan ada di sekitar kita, yaitu barang-barang buatan China bisa dijual dan digunakan secara bebas di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, barang-barang dari Indonesia dapat diperjual-belikan di negara-negara lain. Baca juga : Pengertian dan Contoh Pendidikan Formal, Nonformal, Informal

Jadi kesimpulannya, bahwa perdagangan saat ini merupakan salah satu contoh sederhana dari globalisasi yang tidak mengenal batas negara ataupun batas wilayah.
Globalisasi tidak akan pernah ada tanpa dukungan dari kemajuan teknologi transportasi dan kemajuan teknologi komunikasi.
Setelah mendengar penjelasan dan contoh-contoh langsung globalisasi yang diambil dari pengalaman dan kehidupan sehari-hari, siswa diharapkan dapat mengerti dan memahami makna sebenarnya dari globalisasi.

Semoga Informasi Cara Menjelaskan Globalisasi pada Siswa SD bermanfaat bagi kawan-kawan.
Salam Guru Pantura



31 Komentar pada "Cara Mengajarkan Makna Globalisasi Pada Anak SD"

  1. Pertamax!! :)
    Tambahan... mungkin malah lebih mudah dengan menjelaskan dengan nonton tv dirumah, dimana ada batman, dan joker bisa masuk di tutur tinular :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh... terima kasih tambahannya dan ngena sekali di hati kang, hehe
      Acara stasiun tv indonesia memang tiada duanya :D

      Hapus
  2. Contoh2 pertanyaan diatas blh jg nih buat dipraktekin ke anak SD.

    O... Iya sob, kenapa ya kok di Indonesia bnyk bgt produk dari China. Seperti mangkuk, mainan anak, piring, dan msih bnyk yg lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin China menganggap Indonesia sebagai lahan dagang yang ramai dan menguntungkan, ditambah China kan terkenal dengan produknya yang menarik dan harganya yang murah...
      Kebanyakan orang Indonesia suka sama yang menarik tapi murah kan :)

      Hapus
  3. Sip banget..., Contektual dan sangat realitas, mudah dimengerti anak SD...
    Info menarik untuk referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelajaran Contekstual memang lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh anak pak :)

      Hapus
  4. wah bagus bgt sob,, Cara Mengajarkan Makna Globalisasi Pada Anak SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba diterapkan sama anaknya nanti buk :)

      Hapus
  5. pelajaran yang sgt menatik neh untuk anak SD, biar mereka tahu globalisasi tu bagaimana.

    tq info na sobat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak sebisa mungkin untuk diberitahu, biar nanti tidak kaget dengan yang namanya globalisasi :)

      Hapus
  6. ada pencerahan niehh sob,, oh iya follow back yahhhh.......

    BalasHapus
  7. Hadir lg sob :).
    Ma'af sob saya telat follback blog ini, tp sekarang blog ini udah saya follow. Sorry ya sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, siap dan terima ksih sudah mampir :)

      Hapus
  8. artikel diatas sangat bagus untuk diterapkan buat anak saya nanti.. hehehe.. thanks pak guru.. :D

    BalasHapus
  9. Salam kenal pak guru....

    komentarin artikel ini pak

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
  10. info yang sangat bermanfaat, dulu kuliah di mana dan ambil jurusan apa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau ternyata bisa bermanfaat bagi kawan-kawan,
      Kuliah di Salatiga, jurusan PGSD pak :)

      Hapus
    2. Masih satu fakultas dengan saya dong pak

      Hapus
    3. Lha FKIP juga tah? ambil progdi apa pak,

      Hapus
  11. Mampir lagi sob, untuk meramaikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)
      jangankan cuma mampir buk, nginep aja boleh kok!

      Hapus
  12. Terima kasih untuk bekal saya mengajarkan tentang globalisasi kepada anak saya,,,

    BalasHapus
  13. Cihuy , dapet bahan buat ngajar praktek di sd . Makasih om atas suggestion nyaa :)

    BalasHapus
  14. trimkasih atas penjelasannya, buat bahan mngerjakan tgas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama buk.
      Semoga artikel sederhana tentang cara mengenalkan globalisasi pada anak ini dapat sedikit membantu.

      Hapus
  15. bang tolong bantuannya minta materi loma kratifitas guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk materi lomba kreatifitas guru bisa didapat dari pengawas pembina atau bisa juga searching di google.

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.