Tampilan Warna Baru STNK di Jawa Tengah

Hari ini tanggal 7 Agustus, motor kesayangan *si kharisma biru* tepat berusia 9 tahun sejak pertama pembelian pada tahun 2003 silam. Pagi tadi saya langsung berangkat ke SAMSAT Kota Salatiga, untuk membayar pajak kendaraan secara online se-Provinsi Jawa Tengah, karena terkendala waktu dan jarak yang mengharuskan saya membayar pajak kendaraan secara online, padahal TNKB motor saya asli “zona plat K”, yang merupakan plat kendaraan daerah eks karesidenan Pati.
Warna Baru STNK Jawa Tengah
 
Setelah menunggu proses pengurusan pembayaran pajak yang memakan waktu sekitar 45 menit, akhirnya keluar juga lembaran bukti pembayaran pajak yang berlaku untuk setahun ke depan, tetapi ada yang sedikit berbeda dengan tampilan STNK kali ini. Ada semacam warna-warna cerah selain warna coklat yang umum digunakan sebagai warna dasar Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Setelah beberapa saat mengamati, ternyata itu adalah gambar burung Kepodang dan shilluete Candi Prambanan. Mungkin karena kedua hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari Provinsi Jawa Tengah, meskipun untuk candi prambanan saya kurang begitu jelas ikut wilayah administrasi Provinsi Jawa Tengah atau D.I Yogyakarta, karena letaknya yang berada di perbatasan kedua provinsi. Terlepas dari itu semua, mungkin ini adalah langkah yang ditempuh oleh Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah untuk mempromosikan sektor pariwisata yang ada di Jawa Tengah dengan menggandeng pihak Kepolisian, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT. Jasa Raharja.

Tampilan Baru STNK di Jawa Tengah

Apakah ini merupakan edisi khusus ataukah malah akan berlaku untuk selamanya?. Saya pribadi belum bisa menjawabnya, atau mungkin ada kawan-kawan yang sukarela mau bertanya langsung kepada pihak Kepolisian. Satu hal yang pasti, dengan perubahan ini setidaknya dapat mengurangi kejenuhan saya melihat STNK yang berwarna monoton coklat.
NB: SAMSAT adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Di bawah Satu Atap.
Semoga Informasi tentang Warna Baru STNK di Jawa Tengah dapat bermanfaat bagi kawan-kawan... :)
Salam Guru Pantura



6 Komentar pada "Tampilan Warna Baru STNK di Jawa Tengah"

  1. aku malah baru tahu ada yang versi kepodang itu...
    nice info gan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga baru lihat tadi pagi kang,
      *maklum ke samsatnya setahun sekali :)

      Hapus
  2. makasih infonya, kebetulan stnk saya habis akhir agustus ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian info: untuk wilayah kerja jawa tengah samsat mulai libur idul fitri tgl.17-22 Agustus :)

      Hapus
  3. Biar lebih sedep ngelihatnya kali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan itupun sudah saya buktikan... :D

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.