Sate Sapi Mbak Jum di Gubug, Jawa Tengah


Minggu sore, saat balik dari Pati ke Salatiga, saya diajak oleh mbak pacar mampir makan di warung tenda pinggir jalan. Sebuah warung sate sapi. Warung kecil dengan tenda warna hijau bertuliskan “Sate Sapi Mbak Jum” di depan Masjid Gubug, atau lebih tepatnya berada di Jln. Bhayangkara No.11, Gubug, Grobogan.

Setelah masuk tenda, belum sempat saya pesan sate, tiba-tiba kita [saya & mbak pacar] disuguhi sepiring penuh sate sapi yang masih panas. Lho??, Saya kan belum pesan, kenapa sudah di suguhi??*Tanya saya dalam hati.

Ternyata eh ternyata, hal ini memang sudah menjadi sistem dagang warung ini yang menyuguhkan sate kepada konsumen yang datang bahkan sebelum sempat memesan. Jadi, kita hanya perlu memesan nasi putih deh.

Sate Sapi Gubug-Guru Pantura

Tak berselang lama, dua piring nasi putih dengan siraman saus kacang telah terhidang. Berhubung perut memang sudah kosong dari tadi siang, tanpa menunggu komando langsung kita santap nasi+sate sapi yang terhidang. Saat makan, saya juga menemui hal yang menurut saya unik. Sate yang dihidangkan terdiri dari 3 (tiga) macam yaitu sate daging, sate koyor, dan sate kapur (gajih) yang ketiganya berasal dari bagian tubuh sapi. Bagi kawan-kawan yang sangat suka dengan gajih, bisa mencicipi SATE GAJIH KHAS SALATIGA.

warung sate sapi bu jum gubug jawa tengah- guru pantura


Sate daging, koyor, dan gajih sapi yang dibakar oleh ahlinya menjadikan rasa dan teksturnya “Empuk dan Uuueenaaak” menurut saya. Dengan harga yang sama untuk ketiga macam sate yaitu Rp.1500,-/tusuk sate. Karena memang saat kita makan di sini, kita bayar berapa tusuk sate yang telah kita makan, bukan bayar per porsi. Warung ini buka setiap harinya dari pukul 04.00 sore sampai pukul 10.00 malam.

Update : Setiap pagi sekitar pukul 08.00-11.00 WIB, Mbak Jum juga tetap buka dan menjajakan sate sapi pada salah satu kios di kompleks Pasar Sepeda Gubug/ Pasar Koplak.

Bukan maksud hati untuk promosi, tapi cuma niat untuk saling berbagi informasi tentang Sate Sapi di Gubug, Grobogan, Jawa Tengah.



12 Komentar pada "Sate Sapi Mbak Jum di Gubug, Jawa Tengah"

  1. Balasan
    1. per tusuk Rp.1500,- kang...
      kalau makannya cuma sedikit bayarnya murah, tapi kalau makannya banyak bayarnya juga mahal... :D

      Hapus
  2. waktu pertama disuguhi sepiring penuh sate walaupun belum pesen itu dikasih tahu harganya nggak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perut kosong sudah gak bisa konsen dengerin omongan orang kang, kalap lihat sate "anget-anget"... :D
      *harga belakangan, perut duluan,

      Hapus
  3. Wah enak tu... jadi laper ane Mas.

    BalasHapus
  4. wes,...mantab satenya,..harganya juga murah meriah,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada kesempatan, waktu, biaya, keinginan, dipersilahkan mampir mas... :)

      Hapus
  5. Wah jadi pengen sate tesate taiyeu..!! kwkwk. Beda versi ini sih sate jawa ya mas? hehe kalo kejateng bisa ada tujuan kalo yang hobi nyate ke Mbak jum saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak ini sate sapi jawa, tetapi di jawa pun beda tempat (kab./kota), beda juga ciri khas rasa dan bumbu satenya... :)

      Hapus
  6. Unik juga penyajiannya, sebelum pesan dan baru duduk sebentar sudah disuguhi, hhehe. gak perlu lama nunggu lagi yah. oh iya, main-main ke rumah saya, om. tak sediakan sate Madura, hhoho.. :D

    Salam yah, om Wahab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyajian yang khas akan akan terus mengenang di benak pengunjung.
      Siapkan saja satenya pak :D

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.