Resensi Singkat Anak Kuliahan


Bulan kemarin, saya mendapatkan tugas dari dosen MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) Bahasa Indonesia untuk membuat resensi buku terbaru yang terbit di tahun 2012. Memang sangat berat rasanya mengeluarkan uang di tengah kondisi seperti saat ini yang lagi banyak-banyaknya pengeluaran untuk fotocopy, print, dan segala kebutuhan penelitian skripsi saya.
Berhubung ini tugas yang hukumnya wajib, saya memutuskan untuk segera berangkat ke Gramedia, bersama dengan teman-teman dan juga mbak pacar.
Setibanya di toko buku, saya masih saja bingung mau pilih buku yang mana (harganya mahal semua sih). Tapi akhirnya nemu juga satu buku yang harganya lumayan murah, Cuma Rp.30.000,- langsung saja saya beli.
Ini resensi singkatnya….
Resensi Novel Mahasiswa (Guru Pantura)
 Judul Buku    : Curcol si Rantau Kacau
Penulis            : Nugraha Adi Putra
Penerbit          : BukunĂ©
Cetakan          : Pertama
Tahun Terbit   : 2012
Tebal Buku     : 196 hlm
ISBN               : 602-220-029-6

Novel (Personal Literature) ini menceritakan tentang kisah konyol Ady, seorang anak asal Kalimantan yang merantau ke Jawa untuk menjadi mahasiswa Akuntansi di salah satu universitas di Malang. Padahal Ady sama sekali belum pernah ke Jawa. Perjalanan ini membawa banyak cerita, mulai dari pengalaman naik pesawat untuk pertama kali, pertama kali naik kereta api, pengalaman mengenaskan dengan masakan pedas khas orang jawa timur dan tidak ketinggalan kisah cintanya yang memilukan selama di Jawa.
Belum lagi kisah-kisahnya sebagai mahasiswa Akuntansi di Malang, sampai dengan triknya dalam menghadapi kuis-kuis dadakan yang diberikan oleh dosen. Tidak ketinggalan kegalauan saat menghadapi mata kuliah Akuntansi yang terkenal sulit, dan kesehariannya nyemil kalkulator ditemani ratusan kecoak yang ada di kamar kos.

Kelebihan novel ini dibandingkan dengan novel-novel yang lain adalah dari segi isi ceritanya yang merupakan hal-hal yang memang biasa dialami anak kos perantauan. Selain itu penggunaan bahasa yang lugas dan sederhana membuat novel ini semakin menarik dibaca, khususnya pada kalangan anak muda. Karena sesuatu di dunia ini tidak ada yang sempurna, sudah selayaknya kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangannya adalah pada alur cerita campuran yang digunakan, pada bagian-bagian novel ini ceritanya selalu kembali ke awal, mungkin ini akan sedikit menuntut konsentrasi para pembaca, agar tidak mengalami kebingungan.

Semoga Informasi Resensi Buku Anak Kuliahan di atas bermanfaat bagi kawan-kawan.



2 Komentar pada "Resensi Singkat Anak Kuliahan"

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.