Faktor Penyebab dan Solusi Prostitusi


Prostitution, biasa disebut dengan prostitusi atau pelacuran merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan sebagian orang di dunia ini yang menggantungkan hidupnya alias bekerja dalam seluk beluk yang berhubungan dengan kegiatan prostitusi tersebut.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah artikel tentang prostitusi yang berjudul “Prostitution: Cause and Solutions” oleh Donna M.Hughes, seorang professor di University of Rhode Island, Galicia, Spanyol.

Beliau menyebutkan bahwa penyebab eksisnya dunia prostitusi (meliputi penjualan wanita dan anak-anak) sampai sekarang ini adalah dinamika dari sistem “Pasokan dan Permintaan”.

Hal ini sangat mudah kita artikan jika kita pernah sedikit saja belajar tentang ilmu ekonomi, baik itu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun di Sekolah Menengah Atas (SMA), bahwa jika ada permintaan atas suatu barang ataupun jasa, maka akan terdapat pasokan dari orang yang bekerja sebagai pemasok barang atau jasa tersebut. Dan jumlah pasokan berbanding lurus dengan besarnya permintaan, sehingga keduanya bisa berjalan seimbang. Berarti jika terdapat suatu permintaan/konsumen terhadap hal yang berkaitan dengan prostitusi, maka secara otomatis akan terdapat penyedia jasa prostitusi.


Faktor faktor penyebab Prostitusi (Guru Pantura)

Di negara-negara yang melegalkan prostitusi, semua hal yang berkaitan dengan prostitusi merupakan hal yang bisa dikelola dan menghasilkan keuntungan. Sedangkan para Mucikari atau pemasok terus berupaya mencari wanita-wanita yang mau dijadikan pelacur untuk memenuhi besarnya permintaan konsumen. Salah satu negara yang melegalkan prostitusi adalah Republik Ceko.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri Ceko menyebutkan bahwa sekarang di Ceko terdapat lebih dari 860 rumah bordil atau tempat pelacuran. Republik Ceko merupakan salah satu Negara tujuan wisatawan seks di wilayah Benua Eropa. Hal ini di perkuat dengan data dari pemerintah Ceko yang menyebutkan bahwa konsumennya sekitar 65% adalah para wisatawan asing yang dengan sengaja menyempatkan diri untuk membeli seks komersial.

Ada kurang lebih 200 websites yang menyediakan layanan prostitusi online di Ceko. Tujuannya adalah agar para wisatawan bisa memilih dan melihat para pelacur (victims) terlebih dulu, sebelum mereka berangkat ke tempat pelacuran.

Inti dari solusi yang ditawarkan oleh Donna M.Hughes adalah dengan menghentikan permintaan terhadap prostitusi.
Terdapat 4 (empat) faktor yang mempengaruhi dan membentuk permintaan terhadap prostitusi:
  1. Konsumen (para lelaki yang membeli seks komersial).
  2. The Exploiters, yang terdiri dari pemasok, mucikari, pemilik rumah bordil, dan para mafia dalam industri seks.
  3. Negara atau wilayah (dalam hal ini adalah terkait dengan negara yang melegalkan prostitusi untuk mendapatkan pemasukan tambahan bagi negara).
  4. Budaya (termasuk budaya media massa yang cenderung menampilkan bahwa prostitusi merupakan pekerjaan yang penuh dengan kemewahan dan merupakan salah satu cara singkat mendapatkan uang. Secara umun media ikut berperan serta dalam perkembangan dalam dunia industri seks).
Baca juga : Faktor Penyebab terjadinya Pelanggaran Hukum dan HAM

Penulis percaya bahwa dengan memerangi 4 faktor pembentuk permintaan prostitusi di atas, akan dapat menghilangkan atau setidaknya mengurangi eksploitasi seks yang turut menyebabkan perdagangan wanita dan anak-anak. Kita semua harus bisa saling bahu-membahu dengan pemerintah, lembaga sosial masyarakat, dan komunitas keagamaan, untuk fokus agar dapat memberantas prostitusi.

Semoga informasi tentang Faktor Penyebab dan Solusi Prostitusi dapat bermanfaat.
Salam Guru Pantura



3 Komentar pada "Faktor Penyebab dan Solusi Prostitusi"

  1. hm.. apakah hanya ada 4 faktor itu saja?

    BalasHapus
  2. kenapa konsumen selalu ditujukan pada kaum lelaki?
    apa benar cuma kaum lelaki yang menjadi konsumennya?

    BalasHapus
  3. @Keman. Akeh bnget pnyebab'e Man... beberapa di antaranya kui mau.. :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.