Perbandingan 6 Seri Windows 7

Salam Super kawan-kawan semua. Ini nih efek lanjutan gara-gara nonton video Mario Teguh semalam suntuk, jadi ikut-ikutan sok bijaksana ngomongnya. Dikarenakan dari kemarin saya memosting terus tentang Budaya (Tugas Kuliah) dan Pendidikan, untuk kesempatan kali ini saya akan sedikit share masalah IT yang membahas tentang OS (Original System) yang sudah familiar sekali dengan perangkat PC ataupun Laptop kawan-kawan. Yah, apalagi kalau bukan Windows. Untuk kali ini pembahasan saya akan lebih spesifik ke salah satu personil dari Windows, yaitu Windows 7. Tapi tahukah kalian kalau Windows 7 sendiri terdiri dari 6 generasi, dan tentunya berbeda pula dalam hal performance dan fitur-fiturnya. Berikut ini adalah paparan beberapa perbedaan dari 6 generasi Windows 7. Langsung saja.
Perbandingan tipe/jenis/seri Windows 7 (Guru Pantura)

Windows 7 Starter
Target Pasar: Seluruh dunia, biasanya hadir dengan paket komputer baru (laptop/netbook).
Fitur Utama (kunci) : Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup & restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana.
Keterbatasan : Tidak adanya Aero glass dan berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada Multi bahasa, maksimal RAM cuma sampai 2 GB, tidak tersedia versi 64bit.
Dengan windows 7 starter, pengguna tidak bisa mengubah wallpaper atau theme windows. Pada awalnya Windows 7 Starter dibatasi hanya bisa menjalankan 3 program satu waktu, tetapi akhirnya keterbatasan ini dihilangkan, sehingga pengguna tetap bisa menjalankan banyak program dalam satu waktu, hanya dibatasi jumlah memory saja.
Untuk edisi 32 bit, semua windows selain windows starter mempunyai batas maksimal RAM/Memory 4 GB. Untuk edisi 64 bit bisa lebih tinggi dan berbeda-beda.

Windows 7 Home Basic
Target Pasar: Untuk Wilayah tertentu saja, seperti di Indonesia.
Fitur Utama (kunci) : Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero.
Keterbatasan : Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder ( MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidah penuh.

Windows 7 Home Premium
Target Pasar: Global
Fitur Utama (kunci) : Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center
Keterbatasan : Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder.

Windows 7 Professional
Target Pasar: Pengguna IT menengah keatas.
Fitur Utama (kunci) : Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder.
Keterbatasan : BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD.
Windows 7 Professional menawarkan semua fitur edisi dibawahnya. Juga mulai ada fitur Windows XP Mode yang tidak disediakan di edisi dibawahnya.

Windows 7 Enterprise
Target Pasar: Pelanggan Bisnis (volume-licenses).
Fitur Utama (kunci) : BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.
Keterbatasan : Lisensi Retail.
Selain perbedaan mengenai lisensi, Windows 7 Enterprise mempunyai fitur yang sama dengan Windows 7 Ultimate.

Windows 7 Ultimate
Target Pasar: Retail market, ketersediaan terbatas.
Fitur Utama (kunci) : mempunyai semua fitur windows 7 edisi sebelumnya, ditambah dengan BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.
Keterbatasan : Volume Licensing.

Paparan di atas adalah beberapa contoh perbedaan fitur utama dan poin poin pentingnya saja, yang mungkin bisa digunakan sebagai gambaran umum. Tiap edisi windows di atasnya menyertakan semua fitur edisi windows di bawahnya, dan keterbatasan kinerja dalam seri sebelumnya biasanya sudah diperbaiki pada edisi di atasnya. Meskipun terdapat 6 edisi yang berbeda, 3 edisi yang paling banyak beredar adalah Windows 7 Home Premium, Professional dan Ultimate. Sebenarnya edisi apapun, semua fitur windows 7 sudah ada di dalamnya, hanya saja fitur-fitur tersebut belum diaktifkan dan akan diaktifkan menyesuaikan edisinya.



3 Komentar pada "Perbandingan 6 Seri Windows 7"

  1. informsi yg mnrik ni..

    klu ad wktu kunjungi blog ane ya gan

    http://maszhiday.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Baru kali ini tahu dengan jelas perbedaan perbedaan nya, thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan seri-seri windows 7 yang kadang terabaikan oleh users buk.

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.