Budaya Kaos Batik di Indonesia


Untuk tugas budaya minggu ini, memang saya agak sedikit bingung mau menulis tentang apa, padahal topiknya merupakan dunia saya sendiri “Global Youth Culture” atau dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar artinya “Budaya anak muda yang menyeluruh, mendunia, mengglobal”Setelah beberapa menit bertapa memandangi monitor komputer, akhirnya dapat ide juga. Apa hubungan ide menulis dengan monitor komputer? Karena di samping monitor itu terdapat lemari baju yang setiap saat selalu terbuka, dan saya mendapat pencerahan luar biasa tentang style anak muda masa kini yaitu “Kaos Batik”


Kaos Batik Indonesia (Guru Pantura)

Kawan-kawan semua tahu kaos? Dan tentunya kalian punya kaos kan??. Hampir tidak ada orang yang tidak pernah mengenakan jenis pakaian yang satu ini. Menggunakan kaos seolah sudah menjadi style budaya hidup anak muda jaman sekarang termasuk di Indonesia. Tapi apakah pernah terlintas di benak teman-teman semua dari mana asalnya kaos. Sampai kaos bisa tenar sekali di kalangan anak muda sekarang?

Sebenarnya, sampai saat ini belum pernah ada kejelasan siapa orang yang pertama kali menemukan kaos. Kemungkinan besar kaos muncul antara akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Dan sekarang dapat dilihat perkembangan kaos sangat pesat di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Padahal akhir-akhir ini di negara kita sedang giat dilakukan kampanye untuk kembali sadar budaya dengan menggunakan pakaian asli tanah air kita, salah satunya adalah Batik.

Kesenian batik di Indonesia telah dikenal sejak jaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Batik yang dihasilkan semuanya adalah batik tulis, sedangkan batik cap baru dikenal pada tahun 1920. Menggunakan batik merupakan salah satu kebanggaan bagi kita selaku warga Negara Indonesia. Tetapi apakah kita sebagai anak muda akan setiap saat menggunakan baju batik? Pastinya tidak kan.

Nah, untuk itulah sekarang di Indonesia diciptakan kaos batik, yaitu campuran antara kaos dan batik. Secara singkatnya ini adalah perpaduan budaya khas anak muda yaitu antara kaos yang berasal dari budaya luar, dengan batik yang merupakan warisan budaya asli Indonesia. Kaos batik sangat nyaman dipakai karena bentuk dasarnya memang kaos, tetapi tetap menjunjung budaya kita dengan menggabungkan motif batik Indonesia.

Menurut saya kaos batik merupakan salah satu wujud alternative style anak muda Indonesia yang masih peduli untuk ikut mempertahankan dan melestarikan budaya asli Indonesia, salah satunya termasuk saya, biarpun baru punya 1 kaos batik.

Semoga artikel mengenai Budaya Kaos Batik di Kalangan Anak Muda Indonesia dapat bermanfaat.



3 Komentar pada "Budaya Kaos Batik di Indonesia"

  1. cucok bro..., kaos batik pasti bisa jadi salah satu alternatif bagi anak muda yang mau brgaya tapi tanpa menghilangkan salah satu unsur budayanya....

    BalasHapus
  2. Tp masih jarang mas yang jual. Kalo motifnya bagus pasti berkembang deh. Dan byak yg minat. Saya pun suka batik apalagi kaos,hampir pakean saya 80% kaos. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahun yang lalu kaos batik ini sangat "Hits" di pasaran pak, tapi sepertinya sekarang memang sudah jarang yang menjualnya.

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.