STANDAR ISI Guru Dalam Mengajar

Waktu kuliah semester 7 kemarin, saya sibuk sekali dengan yang namanya membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) untuk praktek mengajar (PPL) di Sekolah Dasar, masih ditambah lagi dengan jadwal kuliah yang sangat padat sampai-sampai malemnya harus lembur buat alat peraga. Eeeeemmmh, curhat dikit gak apa" ya.
Standar Isi Guru (Guru Pantura)

Lha pas waktu kuliah itu, salah satu dosen matematika saya mengatakan kalau seorang Guru dalam mengajar membutuhkan sebuah pegangan yaitu  STANDAR ISI. Sebenarnya apa itu STANDAR ISI?
STANDAR ISI adalah suatu bagan rencana lingkup materi minimal, dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal, pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Bingung?.Intinya, Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, standar kompetensi (SK) dan juga kompetensi dasar (KD).

Lha terus apa beda Standar Isi dengan Silabus??
Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang didalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok/Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar.

Ini Daftar Standar Isi SD (Sekolah Dasar) ► Komplit semua Mata Pelajaran dan semua Kelas.







4 Komentar pada "STANDAR ISI Guru Dalam Mengajar"

  1. oke bos, thanks banget infonya bisa dijadiin buat referensi nich....

    BalasHapus
  2. ijin share diblog gan....

    sedooooottttttttttt....hahahahahaha

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.