Kelebihan dan Keunggulan dari Metode Demonstrasi



Belajar Metode Demonstrasi (Guru Pantura)

Di dalam dunia pendidikan banyak sekali terdapat metode ataupun model pembelajaran yang menarik, salah satunya adalah metode demonstrasi. Melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi ini diharapkan semua siswa dalam kelas bisa aktif dalam pembelajaran. Selain itu siswa juga mampu bekerjasama dengan siswa lainnya untuk memahami materi maupun saat kerja kelompok.
Dalam hal ini dengan demonstrasi peserta didik berkesempatan mengembangkan kemampuan mengamati segala benda yang sedang terlibat dalam proses serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang sesuai dengan harapan.
Pakar mengemukakan bahwa Demonstrasi adalah cara mengajar dimana seorang guru menunjukkan atau memperlihatkan suatu proses” (Roestyah,N.K, 1991 : 83). Metode demonstrasi sering digunakan karena merupakan metode yang sangat baik dan efektif dalam menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan yang sifatnya pemahaman.
Metode demonstrasi memiliki kelebihan-kelebihan yaitu: Siswa akan memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai proses sesuatu yang telah didemonstrasikan; Perhatian siswa akan lebih mudah dipusatkan pada hal-hal yang penting yang sedang dibahas; Dapat mengurangi kesalahan pengertian antara anak dan guru bila di bandingkan dengan ceramah dan tanya jawab, karena dengan demonstrasi siswa akan dapat mengamati sendiri proses dari sesuatu. Dengan uraian di atas ditegaskan kembali bahwa dengan demonstrasi akan dapat mengaktifkan siswa, dapat menghindari kesalahan pengertian dari siswa dan guru, dan siswa akan merasa lebih terkesan karena siswa mengalami sendiri. Sehingga akan lebih mendalam dan lebih lama disimpan dalam pikiran tentang sesuatu proses yang terjadi.
Metode demonstrasi ini dapat diterapkan pada sebagian besar mata pelajaran, seperti matematika, IPA, kesenian, dan bahasa Indonesia. Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas penerapannya pada mata pelajaran IPA karena metode ini akan sangat cocok untuk pelajaran IPA, misalnya untuk kelas 4 pada pokok bahasan bagian-bagian akar. Siswa akan lebih bisa memahami materi ini bila siswa melihat langsung bentuk nyata dari tudung akar, inti akar, ataupun rambut akar. Dalam penerapannya kita akan membawa anak-anak keluar kelas untuk mencari contoh akar dilingkungan sekitar sekolah. Setelah semua mendapat akar, guru mengajak siswa ke dalam kelas dan guru didepan menyebutkan bagian-bagian akar dengan akar yang asli. Dengan cara ini siswa diharapkan dapat belajar dan mengamati objeknya sendiri secara langsung disertai dengan penjelasan dari guru. Cara ini akan sangat lebih efektif dibandingkan dengan siswa hanya belajar abstrak dengan membayang-bayangkan materi atau hanya dengan melihat buku paket diatas meja. Ingatan siswa pun akan lebih tertanam dan bertahan lebih lama didalam pikiran siswa jika dibandingkan dengan cara belajar secara konvensional. Selanjutnya siswa diminta untuk mencari dan menulis bagian-bagian dari akar tersebut.
Setelah siswa belajar menggunakan metode demonstrasi, dan dilakukan evaluasi ternyata hasil belajar siswa rata-rata cukup baik dan mengalami peningkatan.



3 Komentar pada "Kelebihan dan Keunggulan dari Metode Demonstrasi"

  1. mass,,,,
    klau seumpama metode yang lain buat pembelajaran les matematika gitu gimana???

    BalasHapus
  2. @Asrah. sangat bisa sekali :)

    BalasHapus
  3. minta artikelnya lagi...

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.