Cara Mencegah terkena Penyakit Flu dan Pilek


Salam jumpa lagi kawan di manapun kalian berada, bertemu lagi dengan Blog Guru Pantura. Kali ini saya akan membahas tentang penyakit yang lagi tenar di Salatiga, namanya FLU atau PILEK. Teman kuliah saya dari kemarin silih berganti terserang penyakit ini, ibarat piala bergilir saja. Ketika teman yang satu sembuh, pilek ini bermigrasi lagi ke teman yang lainnya.
Cara ampuh mencegah dan mengobati flu/pilek (Guru Pantura)

Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan tips-tips untuk mencegah, menghindari, mengobati, mengatasi penyakit yang sangat merakyat ini. Berhubung sejak jaman dulu kala ada pepatah yang mengatakan “Lebih baik mencegah, daripada Mengobati”.
  1. Perbanyak minum air putih.
  2. Istirahatlah yang cukup.
  3. Sering mencuci tangan dengan sabun, agar bersih dari bakteri dan kuman.
  4. Kurangi timbulnya stress, karena beban pikiran berlebih mampu menurunkan tingkat imunitas tubuh.
  5. Makan jamur
    Jamur kancing putih, mengandung protein antivirus kuat, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. (Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University).
  6. Olahraga
    Olahraga teratur dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap pilek karena gerakan tubuh akan merangsang sel kekebalan tertentu. (David Nieman, DHSc, profesor ilmu kesehatan dan olahraga di Appalachian State University di Boone, NC).
  7. Makan kacang-kacangan
    Makan kacang adalah cara mudah dan lezat agar badan menjadi panas, dan dapat membantu mencegah pilek, jika dibuat dengan bahan yang tepat.
  8. Minum alkohol. Jangan takut ataupun malu untuk meminum beberapa sloki bir, sebab konsumsi alkohol dalam taraf sedang, dapat membantu mencegah pilek. Dalam satu penelitian, minum alkohol hingga empat gelas sehari akan mengurangi kemungkinan terserang pilek dibandingkan tidak mengkonsumsi alkohol. Alasannya adalah alkohol dapat membatasi replikasi virus flu atau memiliki efek anti radang yang dapat menekan produksi lendir.
  1. Tahu dan Tempe. Kedua makanan ini mengandung isoflavon untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  1. Makan Sambal Cabe dan Tomat. Cabe mengandung bahan-bahan penguat sistem kekebalan tubuh. Semua sayuran dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, tapi tomat lah yang paling kuat. Tomat mengandung potassium, vitamin A, dan C.



2 Komentar pada "Cara Mencegah terkena Penyakit Flu dan Pilek"

  1. tambahan...
    tips #11. Jangan dekat-dekat dengan orang yang lagi kena flu :D

    BalasHapus
  2. @Q-thrynx : Matur nuwun sanget maz brow buat tambahan'nya :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik, atau pertanyaan. Centang kotak "Beri tahu saya" di bawah komentar untuk mengetahui balasan via e-mail.
Bagi yang membutuhkan informasi spesifik, silakan menghubungi melalui laman Contact Me atau melalui laman Facebook.
Terima Kasih.